Nanang Minta Seluruh SD Perkuat Kebudayaan

127
Kemas Yogi - Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto langsung menyalami anak-anak pemain gamelan yang dinilainya telah membudayakan budaya di lokasi pembukaan Musrenbangcam Tanjung Sari tepatnya di Desa Sidomukti, Kamis (14/2).

TANJUNG SARI – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meminta seluruh Sekolah Dasar (SD) kembali memperkuat kebudayaan daerah agar budaya tidak hilang. “Pak kadis (Kepala Dinas Pendidikan), saya minta mulai dari SD sudah dimulai pengenalan dan penguatan budaya Indonesia,” katanya disela-sela sambutannya dalam pembukaan Murenbang Kecamatan Tanjung Sari, Kamis (14/2).

Nanang mengatakan, budaya Indonesia jangan sampai hilang karena hal itu merupakan identitas bangsa. “Boleh budaya asing masuk, tapi budaya kita harus dipertahankan, pak kadis tolong ya,” kata Nanang menekankan. 

BACA :  80 Anggota Linmas Diberikan Penyuluhan Kamtibmas

Ia juga mengutip pidato Presiden Soekarno yang meminta agar generasi penerus bangsa tidak meninggalkan budaya. “Bung karno mengatakan Trisakti pembangunan, berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan,” tegasnya.

BACA :  80 Anggota Linmas Diberikan Penyuluhan Kamtibmas

Ia menjelaskan, budaya Bali selalu diingat oleh mancanegara karena pengenalan sejak dini. “Mengapa budaya bali bisa besar, karena mengemasnya, caranya luar biasa. Nah ini harus kita jaga terus dan ditingkatkan,” tuturnya.

Ia berharap, para orang tua jangan meninggalkan pengajaran budaya kepada anak-anaknya. “Kita kok yang tua-tua akan menghilangkan, padahal anak-anak punya semangat besar dalam membudayakan budaya,” pungkasnya. (CW1)

BAGIKAN