Nanang Minta Tendik PAUD Tingkatkan Kompetensi

219

KALIANDA – Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meminta tenaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meningkatkan kompetensi untuk menghasilkan program PAUD yang bermutu.

Itu ditegaskannya pada acara penilaian tenaga pendidik PAUD teladan dan lomba Gugus serta pekan Olahraga dan Seni IGTI PGRI tingkat Kabupaten yang berlangsung di Gor Way Handak, Kalianda, Kamis (6/9) kemarin.

Nanang mengatakan, salah satu peningkatan mutu pendidik Paud adalah melalui pengembangan Gugus, karena gugus merupakan pintu masuk pertama yang didasari dua pemikiran yaitu sebagai wadah berkumpulnya level pendidik mulai dari bawah dan sebagai wahana pembinan profesi bagi pendidik.

“Keberadaan gugus sangatlah penting, khususnya sebagai wahana pembinaan tenaga kependidikan paud dalam hal pengembangan dan inovasi pembelajaran paud, peningkatan profesionalisme tendik,” kata Nanang di GOR Way Handak.

BACA :  Triple One Plus, Bisa Akses PMH Hanya Sehari

Karenanya, melalui kegiatan seperti ini diharapkan akan dapat memperkuat kapasitas dan kemampuan pelaksanaan program Paud yang bermutu dan berkualitas, mendorong dan memotivasi organisasi Paud.

“Pada intinya, Gugus paud diharapkan dapat berfungsi sebagai wahana pembinaan profesional dalam  meningkatkan kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan Paud yang terencana dan sistematis,” ujar Nanang.

Bunda Paud Lamsel, Winarni Nanang Ermanto mengatakan, keberadaan Paud ditengah masyarakat memiliki peranan besar dalam memberikan kesempatan yang besar bagi setiap anak untuk mengenyam pendidikan usia dini. “Paud sangat penting, karena pengalaman anak-anak pada tahun pertama kehidupannya akan menentukan karakter sang anak,” terang Winarni.

BACA :  Bebaskan Pantai dari Sampah

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Lamsel, Thomas Amirico menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini yaitu untuk memperkuat kapasitas dan dan kemampuan pelaksanaan program paud yang bermutu dan berkualitas.”Mendorong dan memotivasi organisasi mitra dan profesi dalam pengembangan Paud dan memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas paud. Lalu sosialisasi, advokasi dan edukasi kepada masyarakat,” terangnya.

Pantauan Radar Lamsel kegiatan itu dihadiri oleh Bunda PAUD Lamsel, Winarni Nanang Ermanto, Sekdakab Lamsel, Fredy SM, Kadis Pendidikan Lamsel, Thomas Amirico serta ratusan tendik PAUD. Acara dimulai dengan senam maumere dan berakhir dengan perlombaan. (ver)

BAGIKAN