Ny. Nanda : Cuci Tangan Pakai Sabun Kurangi Resiko Terjangkit Penyakit

119
PADANGCERMIN – Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah pilar kedua dari lima pilar yang ada pada program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Hal ini disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Ny.Nanda Indira Dendi, SE pada Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Tahun 2018 di Kabupaten Pesawaran yang dipusatkan di SDN 14 Padangcermin beberapa waktu lalu.
Menurutnya, meskipun sederhana namun belum banyak yang mau membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan benar. Padahal, kebiasaan mencuci tangan dengan benar dapat mengurangi resiko terjangkit penyakit diare dan mencegah penuralan penyakit yang lain, seperti infeksi kulit penewmonia dan flu burung.
“Perilaku hidup sehat yang sederhana ini, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pemeliharaan kesehatan pribadi,” ujarnya.
Untuk itu, dirinya mengajak agar kegiatan peringatan hari cuci tangan pakai sabun tersebut dapat dijadikan sebagai momentum untuk memasyarakatkan perilaku hidup sehat yang diawali dengan mencuci tangan dengan benar.
“Semoga kerjasama serta  kebersamaan kita ini mendapat hasil yang positif terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Pesawaran sehingga tercipta masyarakat Pesawaran yang sehat jasmani dan rohani,” harapnya.
Dijelaskan Nanda, bahwa dasar pelaksanaan kegiatan peringatan hari cuci tangan pakai sabun berdasarkan pengumuman penunjukan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) yang jatuh pada tanggal 15 Oktober pada Pertemuan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus 2008 di Stockholm. Seiring dengan penunjukan tahun 2008 sebagai tahun Internasional Sanitasi oleh rapat umum PBB yang bekerjasama dengan organisasi lainnya, baik pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.
“Dimana, tujuan umum dilaksanakanya kegiatan ini adalah agar masyarakat mampu membudayakan mencuci tangan dengan benar untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai upaya awal peningkatan kesehatan. Sedangkan tujuan khususnya adalah dapat melakukan cuci tangan dengan benar, paham waktu yang tepat dalam melakukan cuci tangan, dan
mampu meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat,” tandasnya. (Esn)
BACA :  Kasus Kematian Bayi Disebabkan Minim Pengetahuan
BAGIKAN