Optimalkan Penggunaan DD

655
Ilustrasi

KALIANDA – Setiap desa diwilayah Kecamatan Kalianda diharapkan bisa memanfaatkan penggunaan anggaran dana desa (DD) secara optimal dan tepat sasaran. Sehingga, pembangunan diberbagai bidang yang bersumber dari DD bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
Hal tersebut ditegaskan Camat Kalianda Setiawansyah, AP, M.Si saat memimpin rapat koordinasi kecamatan (rakorcam) diaula kecamatan setempat, kemarin.
Agar penggunaan DD maksimal, kata Setiawan, hendaknya setiap desa bisa menginventarisasi berbagai program pembangunan yang telah disusun dalam APBDes.
“Meskipun DD belum digulirkan, desa harus mulai menginventarisasi programnya. Khususnya, dibidang infrastuktur jalan dan pemberdayaan masyarakat,”kata Setiawan dalam arahannya.
Fokus dibidang infrastruktur jalan, terangnya, merupakan salah satu upaya desa dalam rangka mendukung visi-misi program pembangunan Bupati. Sehingga, semua dapat seiring berjalan dan tercapainya cita-cita bersama.
“Ini bentuk dukungan kita sebagai aparatur pemerintah yang taat dengan pimpinan. Sehingga, seluruh program dan visi-misi Bupati bisa tercapai,”jelasnya.
Sementara untuk bidang pemberdayaan masyarakat, lanjutnya, yakni untuk meningkatkan SDM masyarakat yang muaranya pada peningkatan ekonomi masyarakat. “Dari DD ini diharapkan setiap desa memiliki PADes yang dapat menjadikan desa itu semakin maju,”lanjutnya.
Selain itu, kades juga diharapkan bisa menjaga dan menginventarisir aset desa yang dimiliki. Utamanya, adalah aset kendaraan dinas (randis) yang harus dirawat dan dijaga dengan baik.
“Terlebih, pada akhir bulan ini pajak randis sudah harus diperpanjang. Kami tidak menginginkan ada andis yang telat membayar pajak atau bahkan tidak dibayarkan pajaknya. Karena, anggaran untuk keperluan itu sudah tersedia,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Empat Kades Dilantik Pekan Depan
BAGIKAN