Pak Dosen Bidik Balon Bupati dan Wakil Bupati

9

Fitoni Panaskan Bursa Balonbup, Pandu cs Terus Gerilya

KALIANDA – Langkah politik seorang akademisi bernama Dr. Januri menambah daya tarik bursa Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan, jelang Pilkada 2020 mendatang.

Dosen Universitas Saburai itu mendaftar di dua posisi sekaligus. Di Golkar Lamsel ia mendaftar sebagai Balonbup, sementara di NasDem ia ambil berkas Balonwabup.

Kepada Radar, akademisi yang lahir di Lampung Selatan ini mengaku kehadirannya pada bursa bakal calon tersebut berangkat dari dorongan serta keinginannya untuk merubah kondisi Bumi Khagom Mufakat.

“ Saya daftar di dua parpol. Di Golkar daftar sebagai Balonbup dan di NasDem daftar sebagai Balonwabup. Tentu keikutsertaan itu berangkat dari rasa penasaran sekaligus tekad untuk melakukan perubahan di Lampung Selatan,” kata Dr. Januri dihubungi, Selasa (8/10) tadi malam.

Dimata seorang Januri, Lampung Selatan belum ideal. Namun ia sendiri mengaku kalau bicara ideal atau tidaknya memang harus pakai data, tetapi sejauh ini memang belum ideal. Ia juga membandingkan bahwa katanya, Lamsel pernah dipimpin dari kalangan yang berbeda-beda. Mulai dari kalangan konglomerat, birokrat, mantan preman, sampai kalangan agamis sekalipun.

“ Tetapi kenyataannya ya masih begini-begini saja. Sebetulnya apa yang menjadi penghambat Lamsel untuk maju. Padahal hampir semua kalangan pernah memimpin Lampung Selatan. Itu juga faktor yang mendorong saya untuk maju mencalon,” ungkapnya.

BACA :  Terkait Pemadaman Listrik, PT. PLN: Ada Pemeliharaan Darurat

Ia mengungkapkan langkahnya mendaftar sebagai Balonwabup NasDem dikarenakan parpol besutan Surya Paloh itu terkenal dengan jargung perubahan dan rastorasi sekaligus mengedepankan politik tanpa mahar.

“ Kalau memilih NasDem, saya kepingin membuktikan di NasDem ini kan terkenal dengan restorasi maka ingin saya ikuti. Artinya tidak perlu kos yang besar dong, karena biasanya kalau kos kelewat besar banyak yang terjerat bahkan belum habis masa kepemimpinannya. Nah baru-baru ini kan kita tahu ada beberapa yang terkena OTT, sebagai seorang akademisi saya ingin tahu juga mengapa bisa begitu,” ucapnya.

Disinggung bahwa baru dirinya yang mendaftar di dua posisi sekaligus? Januri menjawab diplomatis atas langkahnya yang demikian. Ia mengisyaratkan jika Lampung Selatan perlu putra terbaik untuk memberikan perubahan dimasa mendatang.

Pada bagian lain, Ketua DPD PAN Lampung Selatan Ahmat Fitoni Hasan diam-diam bergerilya dengan mengambil berkas pendaftaran di dua parpol sekaligus yakni NasDem dan Golkar. Adik kandung Zulhas Itu ditemani Liaison Officer nya Halim Nasai dan Sekjen DPD PAN Sugiyanto.

Halim Nasai mengamini, Ketua DPD PAN Lamsel itu mengambil berkas Balonbup. Langkah tersebut diambilnya setelah sebelumnya sudah lebih dulu menjadi pengantre di PAN juga sebagai Balonbup.

BACA :  SIM, dan STNK Mati Pajak Jadi Sasaran Operasi Zebra

“ Beliau mengambil berkas Balonbup. NasDem dan Golkar. Di NasDem beliau sendiri yang datang tetapi di Golkar LO yang diutus karena beliau ada jadwal. Dalam waktu dekat akan segera mengembalikan berkas,” ujar Halim yang juga sebagai Anggota DPRD Lamsel ini.

Sedangkan dari sektor Balonwabup, Pandu Kesuma Dewangsa terus memanaskan persaingan di posisi itu. Anggota DPRD Kota Bandar Lampung itu mengutus Barlian Mansyur ke kubu NasDem, setelah sebelumnya Barlian cs mengambil berkas ke markas PKB Lamsel.

“ Di NasDem kami ambil berkas, juga sebagai Balonwabup. Secepatnya akan kami kembalikan, beliau yang nanti akan turun ke Lampung Selatan,” kata Barlian diamini oleh Akrobin yang ada dalam rombongan tersebut.

Disinggung ihwal alih dukungan ke sosok politikus PPP padahal dirinya masih sebagai koordinator Komperwil Golkar Lampung? Barlian menjawab bahwa Pandu Kesuma Dewangsa merupakan orang baik.

“ Dia (Pandu’red) orang baik. Karena itu saya dukung beliau. Soal dia politisi PPP itu tak jadi masalah. Karena kita mencari calon pemimpin yang baik,” ujarnya kepada wartawan koran ini. (ver)

BAGIKAN