Panen Daun Bawang Ditengah Kemarau

1
Plt. Bupati Kabupaten Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, memberikan sambutan didepan tamu undangan saat kegiatan panen raya daunbawang didesa Sukamarga, Kecamatan Sidomulyo, kemarin.

Nanag Ermanto, Ajak Petani Gilir Tanam Padi ke Daunbawang

SIDOMULYO – Plt. Bupati Kabupaten Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, mengajak parapetani diwilayah Sidomulyo, untuk memanfaatkan lahan pertanian padi yang kurang produktif ketika kemarau. Akibat, minimnya pasokan air dengan melakukan gilir tanam dari padi ke budidaya sayuran daun bawang.

Disamping komoditi daunbawang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, juga dipercaya dapat tumbuh dengan baik ditengah pengairan yang minim saat kemarau.

Plt. Bupati Kabupaten Lampung Selatan H.Nanang Ermanto dalam pemaparannya mengajak para petani untuk memanfaatkan lahan pertanian yang kurang produktif saat kemarau dengan melakukan gilir tanam dari padi ke budidaya sayuran daunbawang.

“ Seiring dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, kebutuhan akan komoditas hortikultura juga semakin meningkat. Petani harus lebih jeli melihat semua peluang yang ada. Contohnya, dengan melakukan gilir tanam kekomoditi pertanian yang memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan,” tutur Nanang saat kegiatan panen raya daun bawang di Dusun sudul Desa Sukamarga, Kecamatan Sidomulyo,  Rabu (6/11).

BACA :  Polsek Warning Desa Jauhi Pungli

Ia mencontohkan, seperti halnya yang dilakukan oleh petani di Desa Sukamarga dan Desa Sidowaluyo. Ketika kemarau, sebagian besar petani padi diwilayah itu melakukan gilir tanam, dengan menamam daun bawang dilahan sawah mereka.

“ Hasilnya, petani di Desa sukamarga dan Sidowaluyo berhasil panen dengan memetik pendapatan yang lumayan tinggi, mencapai 36 juta untuk seperempat hektar lahan, dengan estimasi hasil produksi mencapai 4 ton daubawang siap jual,” kata Nanang. 

Mengingat potensi yang besar itu lanjutnya, parapetani dihimbau mampu berinovasi dengan memanfaatkan lahan pertanian padi yang kurang produkti dengan membudidaya tanaman daun bawang.

“ Saya berharap, melalui kegiatan panen raya daunbawang di Desa Sukamarga Kecamatan Sidomulyo pada hari ini, dapat dijadikan contoh positif bagi petani di desa lainnya,” imbuhnya.

BACA :  Dua Pekan Libur Melaut Karena Gelombang Tinggi

Sementara, Kades Sukamarga Siadiantori, A.Md mengatakan, pihaknya akan terus terus mendorong parapetani didesanya untuk terus berinovasi menciptakan usaha tani dengan memanfaatkan peluang yang ada.

“ Kami, terus berupaya mendorong parapetani didesa melalui sinergitas program kerja didesa, bersama parapetani. Untuk berinovasi memanfaatkan alih fungsi lahan saat kemarau. Dengan membudidayakan komoditi daunbawanag yang mampu menjadi komoditi komersial yang bisa mendorong peningkatan kesejahteraan parapetani,” kata Siadiantori. 

Kegiatan panen raya daun bawang di Dusun sudul, Desa Sukamarga, Kecamatan Sidomulyo, dihadiri langsung oleh Plt. Bupati Lamsel H.Nanang Ermanto beserta jajaran, anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan Malik Ibrahim dari Fraksi Gerindra, Camat Sidomulyo Rendy Eko Supriyanto, Uspika Kecamatan dan Kades Sukamarga Siadiantori, A.Md, tokoh, petani dan warga sekitar. (adv)

BAGIKAN