Pantau Arus Mudik, SAR Lampung Siagakan Kapal dan Kendaraan

128
Ist. Radar Lamsel – Inilah kapal KN. SAR Basudewa yang akan memantau keamanan di wilayah perairan Selat Sunda.

BAKAUHEUNI – Prediksi peningkatan pemudik tahun ini membuat sejumlah instansi bekerja ekstra. Tak ketinggalan, SAR Lampung juga ikut serta dalam membantu arus mudik dan arus balik tahun ini. Sebanyak 76 personil SAR Lampung dikerahkan di beberapa lokasi perairan di wilayah Bakauheni.

SAR Lampung juga mendapat armada baru. Sebuah kapal KN. SAR Basudewa yang didatangkan dari Jakarta. Kapal yang standby di Bakauheni ini akan digunakan untuk penguatan khusus siaga di wilayah perairan Selat Sunda. Sedangkan kapal KN. SAR Drupada yang sebelumnya beroperasi di Bakauheni, akan dialih siagakan di Merak, Banten.

BACA :  Tumor Ganas 7 Kg Ditubuh Yulyana Berhasil Dioperasi

“Untuk lokasi (operasi) masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, kita siagakan tim di wilayah perairan untuk memantau kecelakaan,” kata Kepala SAR Lampung, Jumaril, saat dihubungi Radar Lamsel, Kamis (16/5) kemarin.

Selain wilayah perairan, SAR Lampung juga tak melupakan keamanan di jalur transportasi darat. Jumaril mengatakan bahwa pihaknya mendapat tambahan satu tim yang disiagakan di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) untuk antisipasi kecelakaan yang memerlukan penanganan khusus. Tim ini menggunakan truck compartement yang dilengkapi dengan peralatan ekstrikasi untuk vehicle accident rescue (VAR).

BACA :  Tumor Ganas 7 Kg Ditubuh Yulyana Berhasil Dioperasi

“Tapi, untuk posisi pastinya belum kita tentukan. Tidak menutup kemungkinan di situ (Bakauheni), karena ini kendaraan. Mungkin sifatnya mobilitas,” katanya.

Namun, kata Jumaril, kemungkinan tim yang menggunakan vehicle accident rescue (VAR) ini akan mengarah ke JTTS Terbanggi Besar atau JTTS sekitar Natar. Menurut Jumaril, pihaknya bisa saja bergabung dengan instansi lain di posko yang sudah dibentuk oleh Polda Lampung dan Dinas Perhubungan Provinsi Lampung.

“Bergabung dengan posko yang dibentuk Polda atau Perhubungan. Yang jelas kemungkinan tim ini akan menempati pos yang ada rest area-nya,” katanya. (rnd)

BAGIKAN