Panwas Warning Panwascam se-Lamsel

685

KALIANDA – Ini warning (peringatan’red) bagi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Lampung Selatan.
Panwas Pilkada Lampung Selatan meminta agar seluruh jajaran mengindentifikasi netralitas, independensi dan integritas calon petugas pengawas TPS.
Hal itu disampaikan Komisioner Panwas Pilkada Esti Nurfatonah kepada Radar Lamsel disela-sela debat publik putaran kedua yang digelar KPU Lamsel di Grand Elty Krakatoa Nirwana Resort, di Desa Merakbelantung, Kecamatan Kalianda, Sabtu (7/11).
“Memang belum ada laporan. Kami ingatkan agar mengedepankan netralitas dan integritas. Jangan sampai ada calon pengawas TPS yang partisan parpol,” tegas Esti kepada Radar Lamsel.
Karena itu, Esti meminta agar jajaran Panwascam membuka uji publik kelayakan calon pengawas TPS yang direkrut. Uji publik dilakukan untuk menerima tanggapan dan masukan masyarakat terkait calon pengawas TPS yang akan bertugas menjalankan pengawasan-pengawasan di TPS.
“Uji publik dan masukan ini penting untuk mengidentifikasi calon-calon pengawas TPS yang berasal dari partisan parpol. Kan yang kita cari yang non partisan,” ungkap perempuan berjilbab itu.
Esti mengakui tidak mudah mencari calon pengawas TPS yang non partisan dilapangan. Karenanya, ia berharap masyarakat dan seluruh elemen dapat terlibat dan berpartisipasi aktif mengawasi proses rekrutmen ini. “Ya, setidaknya memberikan masukan kepada kami kalau memang ada yang merupakan partisan parpol. Teman-teman wartawan juga boleh memberikan masukan,” ungkap dia.
Tak hanya itu, Esti juga mengaku proses rekrutmen calon pengawas TPS ini akan menjadi perhatian Panwas Pilkada. Karenanya, ia mengaku tidak akan main-main dalam merekrut calon pengawas TPS. “Ini (rekrutmen) menjadi perhatian kami. Kami tak mau gegabah,” ungkap Divisi Bidang Organisasi dan SDM Panwas Pilkada itu.
Sejauh ini, sambung Esti, proses rekrutmen tengah berjalan. Hampir semua jajaran tengah disibukkan proses rekrutmen. Terlebih bidang organisasi dan SDM. “Tapi, tugas-tugas pengawasan tetap berjalan. Kan masing-masing sudah punya tugasnya,” pungkas Mantan Panwascam Sidomulyo itu. (edw)

BACA :  Kejurda Atletik Dimulai!
BAGIKAN