Pasien Keracunan Pulih Kembali

420

CANDIPURO – Sepuluh pasien yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Kalianda, akhirnya sudah bisa pulang kerumah, Senin (9/7) kemarin.

Patut disykuri Kejadian Luar Biasa (KLB) itu tak sampai menelan korban jiwa. Hanya saja, publik Candipuro khususnya masih sedikit shock atas kejadian pada Rabu (3/7) lalu.

Kepala Desa Banyumas Gunawan memastikan seluruh warganya sudah beraktifitas seperti biasa. Hanya 10 orang pasien yang diakuinya baru dapat pulang kerumah usai dirawat di rumah sakit plat merah kebanggaan masyarakat Lamsel.

“ Alhamdulillah sudah pulang, situasi di posko sendiri sudah pulih kembali seperti sediakala,” kata Gunawan kepada Radar Lamsel, Senin (9/7) kemarin.

BACA :  Over Kapasitas, Usulkan Tempat Tidur Pasien

Sementara Anggota DPRD Lamsel Syaiful Anwar menilai, musibah semacam ini patut dijadikan bahan evaluasi. Terutama kata dia dari sosialisasi guna memahamkan pentingnya higienisitas dalam mengolah makanan.

“ Dengan kejadian ini asumsi publik utamanya disebabkan makanan, untuk itu perlu ada penguatan pemahaman warga pada sektor tersebut. Akan sangat baik bila sosialisasi terkait higienisitas mulai diterapkan,” kata Syaiful Anwar menanggapi.

Anggota Komisi A DPRD Lamsel itu menilai, bila musibah di Banyumas tidak dijadikan sebagai bahan evaluasi maka kemungkinan terjadi di daerah lain masih terbuka. Namun hal ini tuturnya, bisa ditekan dengan cara sosialisasi terutama kepada sohibul hajat yang hendak menyuguhkan hidangan pesta.

BACA :  PRI Ketapang Bentuk dan Latih 88 Kader TBC

“ Terlepas dari kejadian itu, semua mesti berterimakasih atas usaha petugas medis yang menangani pasien dengan cepat. Sebab, apabila penanganan tidak cekatan akhir cerita tidak akan sama,” terangnya.

Tanggapan serupa juga datang dari Anggota Komisi B DPRD Lamsel Mohamad Akyas. Dewan asal Jatiagung ini menilai perlu ada evaluasi soal higienisitas mulai dari tingkat keluarga, sekolah hingga masyarakat umum.

“ Paling tidak kita semua belajar atas kejadian yang mencengangkan ini. Tanpa perlu mencari kambing hitam akan lebih baik bagaimana mencari solusi agar tak ada keracunan massal lagi, salah satunya dengan menumbuhkan pentingnya higienisitas” ujar politisi dari Fraksi PKS itu. (ver)

BAGIKAN