Pedagang Pinggir Jalan Berharap Jatah Kios

713
Iwan J Sastra – Inilah pembangunan kios para pedagang yang dibangun di area Masjid Kubah Intan Kalianda. Proses pembangunannya hingga kini masih terus berjalan.

KALIANDA – Sejumlah pedagang makanan yang berjualan dipingiran jalan Protokol Kota Kalianda berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bisa memprioritaskan pedagang yang berjualan dipingiran jalan Kota Kalianda untuk mengisi kios-kios dagangan yang saat ini tengah dibangun di area Masjid Kubah Intan Kalianda.

Tarno (45), pedagang gorengan yang biasa mangkal di Jalan Kesuma Bangsa Kalianda menuturkan, ia bersama sejumlah pedagang makanan lainnya sangat berharap bisa menempati kios dagangan di area Masjid Kubah Intan Kalianda yang saat ini tengah dibangun, tanpa adanya persyaratan yang rumit.

“Harapanya sih yang diprioritaskan oleh Pemkab Lamsel untuk mengisi kios-kios dagangan di Masjid Kubah Intan Kalianda adalah pedagang seperti kami yang sudah lama berjualan di pingiran jalan. Karena, kami juga ingin mendapatkan tempat berjualan yang layak,” ujar Tarno kepada Radar Lamsel di Kalianda, Kamis (13/10) kemarin.

BACA :  Nanang : Semoga Amanah !

Lain halnya yang diucapkan Slamet, pedagang mie tek-tek yang biasa berjualan keliling di seputaran Kota Kalianda ini mengatakan, dirinya sangat mendukung program pemerintah daerah yang ingin memajukan perekonomian di wilayah Lamsel khususnya di Ibu Kota Kalianda dengan membangun kios-kios dagangan di area Masjid Kubah Intan Kalianda.

Ya, kalaupun saya boleh usul, ada baiknya pemerintah daerah melakukan pendataan para pedagang terlebih dahulu, khususnya bagi pedagang yang sudah lama berjualan untuk menempati kios dagangan di arena Masjid Kubah Intan Kalianda. Bukan apa-apa, jika yang ditempatkan adalah pedagang yang baru akan memulai usaha, takutnya tidak bertahan lama. Jadinya sia-sia saja kios yang dibangun oleh pemerintah,” ucap Slamet.

BACA :  18 SSB Bakal Unjuk Gigi di Turnamen U11

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lamsel Hermansyah Hamidi mengungkapkan, pihaknya belum mengetahui secara jelas pedagang mana saja yang nantinya bakal mengisi kios-kios dagangan yang dibangun di area Masjid Kubah Intan Kalianda.   “Wah, kalau soal itu saya belum tahu. Kita akan koordinasikan dengan pak Bupati,” ungkap Hermansyah Hamidi singkat saat dihubungi Radar Lamsel melalui sambungan telepon, kemarin siang. (iwn)

BAGIKAN