Pelayanan Disdukcapil Buka Sampai Malam

157
Kepala Disdukcapil Lamsel Edy Firnandi

Sukseskan Pemilu, 17 April Tetap Rekam KTP-El Warga

KALIANDA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Selatan memberikan pelayanan ekstra menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Loket perekaman KTP Elektronik (KTP-El) dibuka hingga pukul 23.00 WIB mulai Senin – Selasa (15-16/4) besok (hari ini‘red). Bahkan, pada saat hari pencoblosan tetap membuka pelayanan seperti biasa.

Kepala Diadukcapil Lampung Selatan, Drs. H. Edy Firnandi, M.Si., menegaskan, pelayanan ekstra jelang pemilu itu dilakukan agar warga yang memiliki hak pilih bisa melakukan perekaman data diri untuk memperoleh kartu identitas. Sebab, pihaknya ingin seluruh warga Lamsel bisa memberikan hak suaranya demi suksesnya pesta demokrasi.

BACA :  Pelaksanaan Pilkades Karangsari Tunggu Hasil Mediasi

“Ini komitmen kita bersama dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu. Kita ingin masyarakat yang memiliki hak suara bisa memilih tanpa terganjal syarat administrasi. Karena yang menentukan nasib bangsa kita ya dari suara pilihan kita ini,” ungkap Edy di ruang kerjanya, Senin (15/4) kemarin.

Dia meminta, masyarakat yang belum memiliki identitas diri agar proaktif. Sebab, akan percuma apabila petugas telah memberikan pelayanan ekstra namun masyarakat wajib KTP enggan melakukan perekaman demi memperoleh KTP-El.

“Pemerintah sudah memberikan kemudahan dalam pelayanan. Jadi, masyarakat juga harus proaktif. Yang merasa belum merekam langsung saja datang ke Disdukcapil. Petugas tidak akan mempersulit warga untuk memperoleh haknya sebagai warga negara,” imbuhnya.

BACA :  Lagi, Jambret Beraksi di Kalianda

Tak hanya itu, Disdukcapil juga tetap mengaktifkan tim pelayanan keliling di kecamatan-kecamatan yang jauh dari jangkauan. “Ada dua tim yang terus mobile mencari warga yang belum melakukan perekaman,” lanjutnya.

Selain itu, Edy juga memastikan pelayanan di kantor yang dia pimpin tetap buka pada saat pelaksanaan pemilu. Pihaknya, akan membagi tugas operator dengan cara bergantian.

“17 April tetap buka walaupun diliburkan karena hajat nasional. Karena pada hari libur pasti banyak warga yang kebetulan pulang ke rumahnya untuk mencoblos sekaligus mengurus kelengkapan administrasi mereka yang belum lengkap. Sejauh ini, pencapaian perekaman kita sudah mencapai 98,7 persen dari wajib KTP sebanyak 754.602 jiwa,” pungkasnya. (idh)

BAGIKAN