Pemerintah Kecamatan Palas Monev Pembangunan di Desa Bandan Hurip

632

PALAS – Pemerintah Kecamatan Palas terus berupaya meningkatkan kinerja terutama bidang pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan insfrastruktur diwilayah setempat.

Untuk mengoptimalkan realisasi pembangunan, Pemerintah Kecamatan Palas gencar melakukan monitoring dan evaluasi (monev) secara regular terkait realisasi pembangunan insfrastruktur di desa-desa.

Foto 2Belum lama ini, tim monev Kecamatan Palas yang terdiri dari Camat Rika Wati, S, S.T.P, M.M, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) IPTU Budi Purnomo dan Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 421-08/Palas Kapten Inf. Norizwan Tamin menyambangi Desa Bandan Hurip untuk melakukan Monev ditiga titik lokasi pembangunan jalan lingkungan didesa setempat.

Menurut Rika Wati, monev dilaksanakan untuk memastikan jalannya pelaksanaan pembangunan dengan mengunakan dana desa dari pemerintah pusat agar tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukannya.

“Kegiatan monev kami mulai dari cek kelokasi pembangunan untuk memastikan proses pembangunan jalan lingkungan di Desa Bandanhurip ini sesuai rencana,” kata Rika Wati, kepada Radar Lamsel melalui sambungan telepon seluler, Selasa (9/1).

BACA :  Pabrik Penimbun Sawah Belum Disanksi

Rika Wati menuturkan, pembangunan jalan lingkungan jenis rabat beton di dua dusun yakni, Dusun I (Bandan Purwa) dan Dusun II (Harapanmulya) berjalan baik. “Artinya, mulai dari jenis dan proses pelaksanaan pembangunan sampai dengan kualitas bangunan sudah sesuai,” tuturnya.

“Jika proses pembangunan sudah benar, outomatis kualitas bangunan juga baik. Sehingga bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu lama oleh warga sekitar,” tambah Rika.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Bandan Hurip Sugiyanto menjelaskan, fokus program pembangunan pemerintah desa mengedepankan partisipatif warga dan mengutamakan pembangunan insfrastruktur.

Sebab, lanjutnya, dengan terbangunnya jalan lingkungan ini masyarakat selaku penerima manfaat dari sebuah pembangunan bisa merasakan dampaknya secara nyata. “Kami berharap, warga desa yang sebagian besar berpenghasilan sebagai petani dapat dengan mudah melakukan aktivitas pertanian. Dengan demikian, peningkatan kesejahteraan perekonomian warga didesa bisa tercapai,” harapnya.

BACA :  Belanja Daerah, FPKS: Lebih Banyak Kerjaan dari Pekerjaan

Sugiyanto juga mengucapkan terimaksih atas partisipatif warganya yang sudah meluangkan waktu, tenaga serta pikirannya untuk pembangunan didesa. “Kami atas nama desa sangat berterimakasih kepada warga setempat yang sudah bergotong royong untuk membangun jalanlingkungan sampai dengan selesai,” ujar Sugianto.

Sugiyanto menjelaskan, alokasi dana desa yang diterima tahun ini dialokasikan untuk pembangunan jalan lingkungan jenis rabat beton sebesar Rp.246.994.700  pada tahap II tahun 2017. “Pembangunan dilaksanakan di Dusun I (Bandanpurwa) dua titik dengan ukuran 63x3x0,1 meter dan 180×0,9×0,1 meter serta Dusun II (Harapanmulya) dengan ukuran 609×2,5×0,1 meter,” pungkasnya. (jun)

BAGIKAN