Pemkab Bakal Tutup Paksa PT. FKB Hari Ini

917
Dok. – Lokasi PT. Fendi Karya Bersama di Desa Bandar Dalam Kecamatan Sidomulyo, bakal ditutup paksa oleh Pemkab Lamsel.

KALIANDA – Pemkab Lampung Selatan akan menutup paksa PT. Fendi Karya Bersama (FKB) yang berada di Desa Campang Tiga, Desa Sidomulyo, Kamis (8/6) hari ini.

Rencana penutupan paksa perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan reading mix (beton) itu karena diduga kuat tidak mengantongi berbagai perizinan yang diterbitkan oleh pemerintah. Bahkan, berdasarkan laporan dari Pemerintah Kecamatan Sidomulyo perusahaan tersebut tidak mengindahkan teguran dari kecamatan.

“Berdasarkan hasil rapat yang kami lakukan bersama tim, besok hari ini’red) perusahaan itu akan kita tutup atau di segel. Kita minta mereka menghentikan aktifitas sampai dengan izinnya benar-benar dilengkapi,”ungkap Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Ir. Mulyadi Saleh usai rapat diruang kerjanya, kemarin.

Dia menjelaskan, perusahaan yang diketahui sudah beraktivitas sejak awal tahun 2017 itu pernah didatangi oleh aparat Kecamatan Sidomulyo untuk melihat kelengkapan dokumen perizinan. Namun, pihak perusahaan tidak bisa menunjukan kelengkapan izin malah justru mengatasnamakan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo sebagai backing perusahaan tersebut.

BACA :  Perputaran Uang di LSF Capai Rp 7 M

“Lamsel tidak alergi dengan keberadaan investasi. Tapi, setiap invenstor harus mengikuti aturan yang ada. Seperti, harus memiliki izin SIUP, SITU, Tataruang, UKL-UPL dan IMB. Kalau mereka tidak punya apa-apa artinya ilegal. Apalagi, sudah beraktivitas sejak awal tahun 2017,”bebernya.

Yang membuat pemerintah geram, tambah Mulyadi, selain telah menjual hasil prosuksi perusahaan berupa reading mixPT. FKB dikabarkan dibekingi oleh oknum wartawan untuk memuluskan aktifitasnya dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Sehingga, aparat desa dan kecamatan tidak berani untuk bertindak tegas terhadap aktivitas bandel perusahaan. “Yang seperti ini tidak bisa dibiarkan. Semua harus ikut aturan main,”pungkasnya.

Sementara itu, Camat Sidomulyo Affendi SE, mengatakan, PT. FKB tidak mau menunjukan etikat baik sejak melakukan aktivitasnya diwilayah yang dia pimpin. Sebab, berbagai teguran yang diberik baik melalui surat dari pemkab maupun kecamatan tidak diindahkan.

BACA :  4 Kepala Desa Dari Kalianda dan Bakauheni Dilantik

“Berbagai teguran yang kami sampaikan tidak pernah di respon oleh pihak perusahaan. Jadi, langkah tegas ini memang yang harus dilakukan oleh tim Pemkab Lamsel,”singkat Affendi.

Pernah diberitakan, Belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), PT. Fendi Karya Bersama (FKB) yang beroperasi dibidang alat berat yang terletak di Desa Campang Tiga, Kecamatan Sidomulyo terpaksa disetop oleh Pemerintah Kecamatan Sidomulyo.

Camat Sidomulyo Affendi, SE mengatakan, pihaknya sudah menugaskan jajarannya untuk mengecek kelengkapan IMB perusahaan tersebut. Setelah dilakukan pengecekan, PT. FKB tidak bisa menunjukan IMB.

“Sudah kami tugaskan jajaran untuk lakukan pengecekan, ternyata memang belum bisa menunjukan IMB. Sesuai dengan peraturan Bupati setiap perusahaan yang belum berizin harus diproses,” kata Affendi, Kamis (27/4) bulan lalu. (idh)

BAGIKAN