Pemkab Lamsel Kejar Target ODF 2018

537
Logo Pemkab Lampung Selatan

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) akan terus berupaya untuk mewujudkan jamban sehat bagi masyarakat dikabupetan ini. Tujuannya, untuk mencapai  target Sanitasi Open Defaction Free (ODF) di tahun 2018 ini.

Itu dikatakan Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang dan Kemasyarakatan Pemkab Lamsel Syahlani saat membuka acara lokakarya kabupaten evaluasi dan strategi percepatan capaian ODF di Aula Sebesi Gedung PKK Lamsel, Kamis (20/9) kemarin.

“Sejauh ini percepatan untuk mencapai target ODF di Lampung Selatan baru terlaksana di dua kecamatan yakni Kecamatan Candipuro dan Tanjung Sari. Di dua wilayah tersebut sudah dideklarasikan sebagai kecamatan ODF,” kata Syahlani dalam sambutannya.

BACA :  NZ, Oknum ASN Kriminal ‘parkir’ di Kejaksaan

Dia menuturkan, dengan digelarnya acara lokakarya ini diharapkan dapat meningkatkan akses universal sanitasi layak (Jamban Sehat Warga, red) diseluruh wilayah Kabupaten Lamsel.

Menurutnya, Pemkab Lamsel telah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 40 tahun 2015 tentang Swasembada WC dan Peraturan Bupati tentang Pedoman Penggunaan Dana Desa dalam rangka mempercepat proses capaian target sanitanasi layak tahun 2018.

“Oleh karena itu, pemerintah daerah berharap kepada semua pihak untuk dapat mendukung program ODF ini, supaya target dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan bersama,” harapnya.

BACA :  Kejari Geledah Disparbud Lamsel

Pada kesempat itu,  Direktur Mitra Bentala Mashabi mengatakan, digelarnya kegiatan lokakarya ini untuk melihat sudah sejauh mana capaian yang diperoleh pemkab Lamsel dalam memenuhi target Universal Access seratus persen sanitasi layak. “Ada dua target yang harus dicapai yakni target nasional di Tahun 2019 mendatang, dan Target Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan sendiri di Tahun 2018 ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Mitra Bentala merupakan mitra kerja pemerintah daerah dalam mengurusi percepatan target akses universal seratus persen sanitasi layak. (iwn)

BAGIKAN