Pemkab Pesawaran Gelar Pesta Durian Runtuh

133
Foto Edy - Kepala Desa Talang Mulya Salim disaksikan Camat Teluk Pandan Zulkifli Nuh dan Mantan Kapolda Lampung Ike Edwin saat melakukan pemotongan tumpeng dalam acara pembukaan pesta durian runtuh.
TELUK PANDAN – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona berharap agar pelaksanaan kegiatan pesta Durian Runtuh 2019 yang dilaksanakan di Desa Talang Mulya, Kecamatan Teluk Pandan dapat dijadikan agenda rutin tahunan serta meningkatkan kepariwisataan guna mewujudkan Pesawaran sebagi Bumi Wisata 2025.
 
“Untuk menjadikan Pesawaran sebagai bumi wisata dibutuhkan sinergi antara pemerintah, swasta dan masyarakat,” ungkap Asisten I Syukur saat membacakan sambutan tertulis Bupati Pesawaran pada acara pesta durian runtuh di Desa Talang Mulya pada Sabtu (09/02).
 
Dikatakan acara pesta durian runtuh merupakan rangkaian peringatan hari jadi Desa Talang Mulya yang ke 4. Dimana peringatan HUT Talang Mulya ke 4 tersebut diharapkan dijadikam momentum bagi pemerintah dan masyarakat untuk intropeksi sekaligus menetapkan resolusi dan kebulatan tekad guna meningkatkan kesejahteraan, kemajuan dan kemakmuran masyarakat Talang Mulya.
 
“Saya beharap kedepan agar Desa Talang Mulya semakin sejahtera, maju, produktif dan mandiri,” harapnya.
 
Menurutnya Talang Mulya merupakan desa yang menjadi akses menuju pusat penelitian teropong bintang.  Yang akan menjadi persinggahan bagi pengunjung yang akan berwisata ke Teropong Bintang. Selain itu potensi lainnya yakni penghasil durian,  pisang,  salak, manggis dan buah lainnya. Termasuk wisata alam seperti air terjun Kudus, air terjun koret, air terjun Talang Mulya dan curup menambah potensi wisata yang harus dikembangkan. 
 
“Tidak menutup kemungkinan desa Talang Mulya menjadi alternatif kunjungan wisata. Untuk itu mulailah berbenah diri dengan mempersiapkan sumber daya manusia melalui Pokdarwis,” jelasnya.
 
Lebih jauh Syukur menambahkan, pemerintah sesuai tupoksinya akan menjalankan peran dan fungsinya sebagai fasilitator dan regulator dalam kegiatan kepariwisataan. 
 
“Sedangkan swasta dengan sumber daya, modal dan jejaring akan menjalankan peran dan fungsi sebagai pengembang dalam pembangunan kegiatan kepariwisataan,” tandasnya.
 
Sementara Camat Teluk Pandan Zulkifli Nuh berharap melalui kegiatan pesta durian runtuh tersebut dapat mendorong masyarakat setempat untuk menjadikan Desa Talang Mulya menjadi salah satu desa wisata di Kabupaten Pesawaran.
 
“Kami juga berharap desa-desa di Kecamatan Teluk Pandan dapat lebih berinovasi dengan menggali sumber daya yang ada di masing-masing desanya untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya. (Esn)
BAGIKAN