Pemkab Pesawaran Kembangkan Kecamatan Way Khilau Menjadi Kawasan Strategis

129
Foto Idrus - Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona saat menghadiri acara Musrenbang di Kecamatan Waykhilau.
WAYKHILAU – Pemerintah Kabupaten Pesawaran akan melakukan pengembangan kawasan strategis di Kecamatan Way Khilau. Dimana pembangunan tersebut rencananya akan difokuskan pada meningkatkan ruas jalan, pembangunan jembatan, jaringan perpipaan dan Pembangunan MCK.
Rencana pembangunan tersebut, menurut Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona diarahkan pada percepatan perwujudan Desa Tangguh dan Mandiri yang didorong dalam perspektif Kawasan Perdesaan sehingga akselerasi pembangunan dapat lebih cepat terwujud dalam upaya pengembangan potensi sumber daya unggulan.

Sebagai Destination Branding Pesawaran, dikatakanya di Kecamatan Way Khilau akan difokuskan juga pada beberapa sektor diantaranya dibidang Pertanian. Dimana Kawasan Perdesaan Berbasis Holtikultura berada di Desa Bayas Jaya dan Suka Jaya serta Kawasan Perdesaan Berbasis Tanaman Kakao di Desa Kubu Batu.

“Sedangkan untuk bidang Industri, kawasan pengembangan berbasis Home Industri meliputi Desa Bayas Jaya, Kota Jawa dan Suka Jaya. Disektor Ketenagakerjaan, Kawasan Pengembangan Berbasis Ketenagakerjaan meliputi Desa Kota Jawa dan Gunung Sari,” ujar Bupati saat menghadiri acara Musrenbang di Balai Desa Kubu Batu, Kecamatan Way Khilau, Senin (4/3).

Selain itu, dikatakanya rancangan tema pembangunan Kabupaten Pesawaran tahun 2020 adalah Akselarasi Pengurangan Kemiskinan dan Pengangguran untuk Pertumbuhan Berkualitas. Dimana dengan Prioritas Pembangunan Kabupaten Pesawaran Tahun 2020 difokuskan pada Peningkatan Pembangunan Manusia dan Perwujudan Kehidupan Sosial yang Harmonis, Penguatan Infrastruktur dan Kesiapan Penanggulangan Bencana, serta Percepatan Perwujudan Desa Tangguh dan Mandiri, Peningkatan Penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel dan Berkinerja Tinggi, Percepatan Pengembangan Sektor Unggulan dan Peningkatan Iklim Investasi dalam Memperkuat Perekonomian Daerah.

Untuk mewujudkan tema tahun 2020 dalam pengentasan pengangguran terdapat Program Peningkatan Sarana Prasarana dan Produktivitas Tenaga Kerja, Program Peningkatan Kesempatan Kerja, dan Program pengembangan Sumber Daya Alam Berbasis Kearifan Lokal sehingga dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja. Sedangkan dalam hal kemiskinan terdapat Program Usaha Agrobisnis Perdesaan dalam meningkatnya sektor pertanian.

“Kami berharap rencana kerja yang diusulkan benar-benar merupakan program/kegiatan prioritas dan mendesak yang ada di wilayah kerja kita, serta merupakan hasil kesepakatan yang dituangkan dalam Berita Acara hasil Musrenbang Kecamatan Way Khilau Tahun 2019. Hasil kesepakatan tersebut selanjutnya masih memerlukan proses sinkronisasi dengan Rencana Kerja tingkat Kabupaten yang akan dipertajam dalam Forum-Perangkat Daerah dan Musrenbang Kabupaten,” pungkasnya. (Rus)

BAGIKAN