Pemkab Pesawaran Komitmen Jaga Pulau Pahawang

112
Foto Edy - Pemkab Pesawaran menggelar konvensi marine debrise yang dipusatkan di aula asrama haji Lampung pada Minggu (14/4) dalam rangkaian Jambore Selam Nasional ke-
GEDONGTATAAN – Pemerintah Kabupaten Pesawaran berkomitmen menjaga keindahan alam bawah laut seperti di Pulau Pahawang dan sekitarnya dari berbagai sampah terutama sampah plastik.
 
Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Pesawaran Yudiana mengatakan, komitmen pemerintah bersama pihak terkait seperti ratusan penyelam dan masyarakat yakni mengurangi penggunaan sampah plastik. Dimana kegiatan yang dikemas dalam acara konvensi marine debrise yang dipusatkan di aula asrama haji Lampung pada Minggu (14/4) tersebut merupakan rangkaian dari Jambore Selam Nasional ke-X.
 
“Kita berharap melalui kegiatan konvensi marine debrise ini, semua pihak termasuk masyarakat semakin menyadari untuk dapat mengurangi penggunaan sampah plastik terutama di wilayah destinasi wisata Pesawaran,” ungkap Yudiana mewakili Kepala Dinas Pariwisata Pesawaran, Elsyafri Fahrizal pada Minggu (14/4).
 
Menurutnya, upaya mengurangi penggunaan sampah plastik juga akan diatur dalam regulasi. Selain itu melalui kegiatan jambore selam nasional ke-X yang diikuti berbagai penyelam se-Indonesia itu diharapkan dapat memberikan rekomendasi terkait penataan atau pengelolaan sampah laut.
 
“Alhamdulillah semua rangkaian jambore selam nasional sudah selesai dan peserta sudah bertolak dari Lampung,” ucapnya.
 
Selain memberikan rekomendasi, sumbang saran dan masukkan terhadap pengelolaan sampah laut dan regulasi, melalui jambore selam nasional ke-X dapat mempromosikan destinasi unggulan wisata di Provinsi Lampung khususnya di Pesawaran.
 
“Harapannya ada informasi tourism tentang wisata di Lampung sangat bagus untuk diving. Apalagi diving center di Dusun Kalangan Desa Pulau Pahawang sudah berdiri,” jelasnya.
 
Lebih jauh Yudiana menambahkan, selain terdapat diving center di Pulau Pahawang, juga dibentuk satgas diving. Dimana satgas diving diantaranya  terdiri komunitas selam dan pihak terkait lainnya.
 
Diketahui kegiatan konvensi marine debrise turut dihadiri Direktorat Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Agus Supriyanto; Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritima Dr. Ir. Safri Burhanuddin, DEA; Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pesawaran Sopyan Agani; serta Dinas Pariwisata Provinsi. (Esn)
BACA :  80 Desa Laksanakan Pilkades Serentak 2019
BAGIKAN