Pemudik Berebut Menggunakan Jasa Penyeberangan Terminal Eksekutif

150
Nyoman Subagio – Dermaga atau Terminal Eksekutif Bakauheni menjadi favorit bagi penumpang untuk menyeberang ke Merak, Banten.

Darmansyah: Penambahan Kapal Situasional Terutama Momen Liburan Panjang

BAKAUHENI – Dermaga atau terminal eksekutif pelabuhan Bakauheni baru pertama kalinya melayani penumpang angkutan lebaran tahun ini.

Dengan fasilitas dan pelayanan yang cukup baik daripada pelayanan penyeberangan reguler di pelabuhan Bakauheni, terminal eksekutif atau dermaga eksekutif ini menjadi pilihan pemudik untuk menggunakan jasa penyeberangan.

Selain waktu tempuh yang cukup singkat hanya satu jam berlayar menuju pelabuhan Merak, Banten dan fasilitas yang cukup baik dan nyaman membuat masyarakat pengguna jasa penyeberangan di Selat Sunda menggantungkan pilihannya kepada terminal eksekutif yang baru diresmikan pemerintah pusat pada akhir tahun 2018 lalu.

General Manager (GM) Terminal Eksekutif Bakauheni Darmansyah mengatakan, animo masyarakat untuk menggunakan jasa penyeberangan terminal eksekutif cukup tinggi. Darmansyah mengungkapkan, pemudik rela antri untuk bisa menggunakan jasa penyeberangan terminal eksekutif Bakauheni menuju Merak, Banten.

BACA :  Pulau Mengkudu Dijamah Sijago Merah

“Animo masyarakat cukup tinggi untuk menggunakan jasa penyeberangan. Kami harus mengatur dan melayani agar tidak berebutan untuk masuk ke atas kapal. Karena memang pelayanan di terminal eksekutif ini berbeda dengan dermaga reguler. Seperti waktu pelayaran hanya satu jam dan semua fasilitas baik di dermaga dan diatas kapal di gratiskan,” kata Darmansyah kepada Radar Lamsel, kemarin.

Tingginya animo masyarakat untuk menggunakan jasa penyeberangan terminal eksekutif, pengelola akan menambah jumlah kapal yang melayani akan ditambah. Saat ini, terminal eksekutif baru mengoperasikan lima kapal. Yakni, KMP Batumandi, KMP Sebuku, KMP Portlink, KMP Portlink III dan KMP Jatra III sebagai cadangan.

BACA :  Pengawasan Pulau Mengkudu Diperketat

“Selama angkutan lebaran ini kami mengoperasikan empat kapal dan satu kapal cadangan. Setiap satu jam sekali kapal melayani penumpang menuju pelabuhan Merak, Banten. Untuk penambahan jumlah kapal situasional saja. Terutama pada momen liburan panjang” ujarnya.

Darmansyah menambahkan, hingga H+4 kemarin, jumlah penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan dermaga atau terminal eksekutif masih ramai. “Sampai sekarang (Selasa malam’red) penumpang masih antri menggunakan jasa penyeberangan terminal eksekutif. Secara keseluruhan pelayanan mulai dari arus mudik hingga arus balik berjalan lancar dan aman. Hanya hanya penumpang tidak sabar untuk dapat masuk ke dermaga. Kami harus mengatur agar tidak berebutan,” pungkasnya. (man)

BAGIKAN