Penanaman Mangrov untuk Menjaga Kelestarian Laut

1482

TELUK PANDAN – Pemerintah Kabupaten Pesawaran sepertinya harus menyiapkan program penanggulangan kelestarian wilayah pesisir dan laut di Kabupaten Andan Jejama.
Sebab, untuk menjaga kelestarian pantai tidak hanya selesai dengan langkah mengurangi sampah dan bahan pencemar lainnya. Jika tidak kerusakan lingkungan khususnya pantai dan laut di Pesawaran terus terancam.
Kepala Desa Batumenyan Jamaludin mengungkapkan penanaman pohon bakau atau mangrove menjadi hal yang penting untuk mendukung kelestarian wilayah pesisir di Pesawaran.
Menurut Jamaludin, upaya penanggulangan pencemaran di wilayah pesisir dan laut membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat yang bersifat terus menerus. Hal itu bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan bersih pantai dan penanaman mangrove.
“Selain itu, perlu adanya kesadaran dan kepahaman masyarakat akan pentingnya wilayah pesisir dan laut dengan melakukan penanggulangan pencemaran pesisir dan laut,” ujarnya kepada Radar Pesawaran, kemarin.
Untuk itu, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat yang berada diwilayah pesisir agar menjadi sadar dan mandiri dalam melakukan pengelolaan lingkungan sekitarnya sehingga dapat terhindar dari bahaya pencemaran pesisir dan laut.
“Dengan menjaga kelestarian pesisir pantai dan laut akan lebih meningkat penghasilan warga pesisir yang mayotitas nelayan dengan mendapat hasil laut yang baik,” tandasnya. (esn)