Pengurus FKUB Lamsel Dilantik

770
Randi Pratama – Bupati Lampung Selatan Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum (tengah) bersama Ketua FKUB Dr. KH. A Rafiq Udin, S.Ag.,M.Si (kanan kedua dari Zainudin) berfoto bersama seluruh anggota FKUB usai pelatikan kepengurusan di Lamban Rakyat, Kamis (13/4) lalu.

KALIANDA – Bupati Lampung Selatan Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum melantik pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) masa bhakti 2017 – 2022 di Aula Lamban Rakyat, Kamis (13/4) lalu. Selain melantik, Bupati Lamsel menggelar silaturahmi dengan pengurus FKUB, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Pada acara silaturahmi itu, Zainudin Hasan berpesan kepada seluruh pengurus FKUB untuk menjadi pemeran dan pembina bagi masyarakat Lampung Selatan. Menurut Zainudin, pembinaan FKUB terhadap masyarakat harus benar-benar dilakukan agar masyarakat Lamsel tidak tertinggal dengan daerah lain.

“FKUB harus mampu menjadi pembina masyarakat Lampung Selatan yang saat ini tertinggal. FKUB juga harus menjadi kepanjangan tangan informasi kepada pemda dan menyampaikan kepada masyarakat,” papar Zainudin dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, Zainudin mengingatkan bahwa FKUB harus mengajak masyarakat di desa-desa untuk bergerak di semua bidang yang meliputi pembangunan keagamaan. “Misal, nanti ada yang masyarakat meminta perbaikan masjid atau tempat ibadah, maka kita akan coba berikan bantuan,” katanya.

Orang nomor satu di bumi Khagom Mufakat ini juga berpesan kepada FKUB untuk selalu aktif agar mampu menyelesaikan permasalahan kerukunan umat bergama. Serta mampu menjaga tali silaturahmi antar masyarakat.

BACA :  Polisi: Mayat Perempuan Warga Kecamatan Natar

“FKUB harus aktif dan menjadi monitor permasalahan. Sehingga tali silaturahmi antar masyarakat Lampung Selatan tetap terjaga. Saya minta FKUB sanggup mempunyai komitmen bersama untuk tidak ada kegaduhan selama saya menjadi bupati Lamsel,” ujar adik kandung Ketua MPR-RI ini.

Sementara itu, Ketua FKUB Lamsel Dr. KH. A Rafiq Udin, S.Ag.,M.Si mengatakan, FKUB akan berupaya mewujudkan kerukunan antar umat beragama. Kerukunan yang dimaksud Rafiq Udin adalah rasa pengertian. Menurutnya, jika antar umat beragama memiliki rasa pengertian, maka kerukunan antar umat beraga akan tumbuh dengan sendirinya.

“Kerukunan antar umat beragama ini akan terwujud jika kita saling memberikan dan mempunyai rasa pengertian, rasa saling menghargai dan rasa saling memahami dalam pengamalan ajaran agama,” terang Rafiq Udin.

Kendati demikian, Rafiq Udin tetap meminta dukungan kepada seuruh elemen dan lapisan masyarakat agar diberikan kekuatan untuk menjaga amanah sebagai Ketua FKUB.

BACA :  PR Burhanuddin Mendongkrak PAD

“Mohon do’a dan dukungannya sehingga saya bisa diberikan kekuatan untuk menjalankan amanah ini. Kita harus menjadikan FKUB ini sebagai wahana untuk bersilaturrahmi, bertemu, berdialog, bertukar pengalaman, wawasan dan pengetahuan sebagai umat beragama,” ujar pimpinan Pondok Pesantren Terpadu Ushuluddin ini.

Diketahui, susunan pengurus FKUB Lamsel masa bhakti 2017 – 2022 yakni, Ketua: DR.KH. A. Rafiq Udin, S.Ag.,M.Si (FKPP), Wakil Ketua I: Drs.Hi.Muklisin (Muhammadiyah). Wakil Ketua II: Julianto, M. Pd. I (NU). Sekretaris  I: Kusno Raharjo, SH (LDII). Sekretaris II: Ahmad Salasi, SE, ME, Sy (FKPP).

Selanjutnya, anggota FKUB Lamsel adalah dr. As’ad Thoha (DMI),   Burhanuddin, SHI, MEI (BAZNAS), Drs. Hi. M. Ansyori, M. Kom. I (IPHI), Nasir, S.Pd. I  (Mathla’ul Anwar), Yayan Daryani  (RMI), Arif Rahman Hakim,M.MPd  (GP. Ansor), Suparti, S.Pd (Aisyisyiah Muhammadiyah), Lilik Khotimatul Ahdiyah, S.Pd. I (Fatayat NU), Dahyono, M.Pd (Buddha), I Wayan Sude ( Hindu), Pdt. Suhardi Rubianto (Kristen Protestan ), Markus Triwidi Wismoko (Kristen Katolik). (rnd)

BAGIKAN