Pentaskan Wayang Setiap Bersih Desa

8
Ilustrasi Wayang

TANJUNG SARI – Menyambut hari bersih desa, Desa Kertosari, Kecamatan Tanjung Sari menggelar pementasan wayang. Filosofi atau pesan yang terkadnung dalam pementasan tersebut diharapkan dapat dijadikan pelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

Kades Kertosari Albert Halomoan S mengatakan jika wayangan tersebut merupakan sebuah tradisi turun-temurun di Desa Kertosari. “Diadakan setahun sekali untuk menyambut hari bersih desa,” papar dia saat dihubungi Radar Lamsel, Selasa (17/9).

Dia mengatakan acara wayangan dimulai pada hari senin siang hingga malam hari dan dimeriahkan oleh ratusan warga kertosari yang berantusias menyaksikan wayang. “Syukur acaranya sangat meriah, bahkan warga juga banyak yang begadang sampai pagi di balai desa,” kata Albert.

Albert berharap tradisi seperti itu bisa terus diadakan oleh generasi selanjutnya demi menghormati leluhur yang ada di desa itu. “Harapan kami terus berjalan dan semakin meriah tentunya, jangan sampai tradisi ini dihilangkan begitu saja,” turur dia.

Ia menambahkan, pementasan wayang juga selalu memberikan pesan berupa nilai-nilai kehidupan sehingga selain hiburan pewayangan juga bisa memupuk jiwa sosial warganya. “Biasanya memang ada pesan-pesan kehidupan yang disampaikan, saya berharap warga bisa memaknainya dengan baik,” pungkasnya. (CW1)

BAGIKAN