Penumpang dan Cuaca di Bakauheni Kembali Normal

629
Nyoman Subagio – Penumpang tujuan Merak, Banten di pelabuhan Bakauheni masih terlihat normal, kemarin.

BAKAUHENI – Penumpang dan kendaraan dari Sumatera tujuan pulau Jawa yang menyeberang di Pelabuhan Bakauheni masih relatif normal. Belum ada lonjakan penumpang yang terlihat signifikan dipelabuhan terpdat di Indonesia ini.
Pihak pelabuhan seperti PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bakauheni masih mengoperasikan 27 kapal roll on roll off (Ro-Ro) untuk melayani penyeberangan di Selat Sunda, kemarin.
Menurut Manager Operasional PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni Heru Purwanto, penyeberangan di pelabuhan Bakauheni menuju Merak masih normal. “Penumpang mengalami peningkatan pada akhir pekan kemarin (Minggu’red). Hari ini (senin’red) kembali normal. Bahkan kendaraan terlihat sepi dari hari sebelumnya,” kata Heru melalui pesan singkatnya, kemarin.
Terkait cuaca buruk, Heru Purwanto mengatakan, kondisi cuaca kemarin sudah kembali normal. Dikatakan, jadwal pelayanan penyeberangan tetap berjalan lancar meski setiap saat bisa dilanda gelombang tinggi dan angin kencang. “Cuaca buruk seperti gelombang, angin kencang dan hujan terjadi setiap saat. Kami tidak bisa memprediksi kapan hal itu terjadi. Namun kami sudah siapkan satu kapal tugboat untuk evakuasi kapal yang susah sandar di dermaga,” kata Heru Purwanto.
Dihubungi terpisah, pelaksana harian KSOP Bakauheni Iskandar mengatakan, kondisi cuaca di Selat Sunda sudah mulai normal. Bahkan penumpang tujuan Merak, Banten terlihat sepi dari hari sebelumnya (Minggu”red). “Pelayanan penyeberangan masih lancar. Tidak ada gangguan cuaca buruk. Penumpang dan kendaraan masih sepi belum ada lonjakan yang signifikan. Lapangan parkir masing-masing dermaga terlihat sepi. Kendaraan dan penumpang yang tiba di pelabuhan bakauheni langsung naik kapal dan tidak ada penumpukan. Hari ini (Senin’red) dioperasikan sebanyak 27 kapal yang membuka pelayanan di enam dermaga,” tutur Iskandar, kemarin.
Sebelumnya diberitakan, cuaca buruk melanda kawasan perairan Selat Sunda. Hujan deras disertai angin kencang terjadi di seputar perairan bakauheni selama beberapa jam. Namun demikian, pelayanan penyeberangan tetap berjalan lancar dan aman.
Pada akhir pekan menjelang liburan panjang Maulid Nabi, Natal dan Tahun Baru yang bertepatan dengan liburan sekolah, arus penumpang dan kendaraan mulai terlihat ramai. Namun penumpang padat pada jam-jam tertentu saja. (man)

BACA :  Mundur Bukan Berarti Tunggakan Lunas!
BAGIKAN