Penumpang Naik 30 Persen

627
Nyoman Subagio – Penumpang dan kendaraan tujuan Merak, Banten ramai selama liburan ahir pekan yang bertepatan dengan hari raya Imlek, kemarin.

BAKAUHENI – Arus penumpang dan kendaraan yang menyeberang di pelabuhan Bakauheni tujuan Merak, banten meningkat 25-30 persen dari hari biasanya. Peningkatan ini karena bertepatan liburan hari raya Imlek dan akhir pekan kemarin.
Warga Lampung yang bekerja di sekitar Jabodetabek memanfaatkan moment liburan itu untuk pulang kampung. Penumpang mulai ramai menyeberang di Selat Sunda sejak Sabtu (7/2) lalu. Meski mengalami peningkatan, penyeberangan di pelabuhan Bakauheni masih terlihat lancar, Senin (8/2).
Untuk memperlancar arus penyeberangan di pelabuhan terpadat di Indonesia itu, PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Bakauheni mengoperasikan sebanyak 27 kapal roll on roll off (ro-ro). Kapal-kapal itu membuka pelayanan di lima dermaga.
Manager Operasional PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Bakauheni Heru Purwanto mengatakan, penumpang mulai terlihat ramai sejak Sabtu lalu. Mereka ada yang berlibur ke seputar Jakarta dan ada juga pulang kampung. “Ada sekitar 25-30 persen kenaikan penumpang dan kendaraan. Mereka memanfaatkan liburan akhir pekan dan hari raya Imlek untuk pulang kampung dan berlibur,” kata Heru kemarin.
Sejauh ini, lanjut Heru, pelayanan penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni berjalan lancar. Sebanyak 27 kapal ro-ro beroperasi dengan lancar dimasing-masing dermaga. “Alahamdullilah, pelayaran berjalan lancar. Kondisi cuaca di Selat Sunda sedang baik sehingga kapal beroperasi dengan lancar,” ujarnya.
Kendati begitu, pihaknya selalu mengimbau pihak pelayaran untuk selalu berhati-hati selama musim penghujan saat ini. “ASDP Bakauheni sejak dua tahun lalu sudah memiliki kapal tug boat yang siap mengevakuasi kapal-kapal yang gagal sandar karena cuaca buruk,” pungkasnya.(man)

BACA :  Kejurda Atletik Dimulai!
BAGIKAN