Peran Penting Media Masa Mengkawal Demokrasi

407
Nyoman Subagio – Bawaslu Lamsel menggelar Media Gathering di NBR Kalianda, Senin (24/6) kemarin.

Bawaslu Lamsel Gelar Media Gathering

KALIANDA –Peran aktif dan sinergitas media masa dinilai sangat penting dalam demokrasi. Bahkan dukungan media masa terhadap kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merupakan point penting dalam menyampaikan informasi-informasi seputar pemilu atau pemilihan kepala daerah (Pilkada).

          Demikian yang diungkapkan Ketua Bawaslu Lamsel Hendra Fauzi dalam acara Media Gathering yang mengusung tema “Peran Aktif dalam Mewujudkan Pemilu Bermartabat” yang dilaksanakan diwisata Negeri Baru Resort (NBR) Kalianda, Senin (24/6) kemarin.

          Menurut Hendra Fauzi, tak lama lagi Kabupaten Lampung Selatan akan menggelar pesta demokrasi lima tahunan. Untuk itu, dia mengharapkan peranan media masa untuk mengkawal jalannnya pemilihan kepala daerah (Pilkada) agar terwujudkan demokrasi yang berkualitas.

BACA :  Konsumen PDAM Ancam Cabut Meteran

          “Media memiliki peranan yang cukup penting untuk mengkawal demokrasi. Bahkan sebentar lagi Lampung Selatan akan melaksanakan pemilihan bupati (Pilbup) dan pemilihan wakil bupati (Pilwabup). Peranan media sangat penting karena media masa yang menyampaikan dan mempublikasikan kepada masyarakat luas terkait pemilu,” kata Hendra Fauzi, kemarin.

          Media Gathering yang diikuti sejumlah pimpinan media dan wartawan di Lamsel ini juga dihadiri anggota Bawaslu Provinsi Lampung Thamri Suhaimi, S.Hut.

          Dalam pemaparannya, bang Thamri, panggilan akrab Thamri Suhaimi mengatakan, semua tingkatan Bawaslu berkepentingan dengan media masa. Menurutnya, media masa dapat mengubah paradigma masyarakat ketika mengkonsumsi berita. “Peran media masa baik cetak dan elektronik sangat penting terutama memberikan informaso-informasi kepada masyarakat umum terkait pemilu. Media masa juga dapat mengedukasi masyarakat terkait pemilu,” ujarnya.

BACA :  Desa Harus Miliki 3 Pilar Untuk Jaga Konflik

          “Masyarakat yang sebelumnya tidak mengetahui aturan pemilu, menjadi tahu. Inilah pentingnya media masa, dapat memberikan informasi yang bersifat mendidik,” timbuhnya.

           Thamri menambahkan, Bawaslu juga berharap dan berkepentingan terhadap media seperti memberikan informasi yang seluas-luasnya dalam setiap tahapan. Mulai dari penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sampai akhir penepatan calon terpilih. “Kami sangat mengharapkan peran serta media masa untuk mensukseskan pemilu khususnya Pilkada yang sebentar lagi akan di digelar di Kabupaten Lampung Selatan,” pungkasnya. (man)

BAGIKAN