Perbaikan Dermaga Canti Dilakukan Secara Permanen

182
Randi Pratama – Beginilah kondisi Dermaga Canti pasca perbaikan sementara yang dilakukan oleh Kodim 0421/LS. Foto dibidik kemarin.

RAJABASA – Komando Distrik Militer (Kodim) 0421/LS telah memperbaiki Dermaga Canti, Senin (21/1) kemarin. Namun, saat ini perbaikannya masih bersifat sementara. Pantauan Radar Lamsel, perbaikan jembatan di dermaga itu masih menggunakan bahan material kayu dan bambu.

Bagian bawah jembatan ditopang sejumlah bambu, kemudian bagian lantai dilapisi dengan berbagai macam jenis kayu. Meski tak seperti sebelumnya, lebar diameter jembatan cukup lebar yang mencapai ukuran sekitar 1,5 meter.

Dandim 0421/LS, Letkol. Kav. Robinson Oktovianus Bessie, melalui Pasi Intel Kodim Letnan Paino, mengatakan bahwa pihaknya berencana memperbaiki Dermaga Canti secara permanen yang akan mulai dilakukan Selasa (22/1) hari ini.

“Ya, rencananya diperbaiki permanen oleh Kodim. Besok (hari ini’red) akan dimulai,” ujar Paino saat dikonfirmasi Radar Lamsel, Senin (21/1) kemarin.

BACA :  Mahir Bahasa Asing, PR Pemandu Wisata

Paino menjelaskan, dalam melakukan perbaikan Dermaga Canti yang bersifat permanen, pihaknya akan mencari bantuan dari pihak lain. Langkah ini diambil agar dapat membantu mempercepat proses perbaikan yang menggunakan anggaran swadaya.

“Kami sedang cari mitra Kodim yang ingin membantu. Do’akan saja, semoga segera kita dapatkan dan perbaikan bisa dipercepat,” katanya.

Sebelumnya, Dandim 0421/LS, Letkol. Kav. Robinson Oktovianus Bessie, mengatakan bahwa perbaikan dermaga kebanggaan masyarakat Kecamatan Rajabasa itu masih dalam perencanaan. Untuk membahas masalah perbaikan itu, Rovinson mengatakan bahwa Kodim akan bertemu dengan Pemkab Lamsel terlebih dahulu.

“Senin (21/1) baru ada pertemuan dengan Pemkab Lamsel. Kalau sekarang masih perencanaan, mungkin minggu depan kita sudah mulai perbaikannya. Nanti kami infokan kalau sudah mulai,” kata Robinson saat dikonfirmasi Radar Lamsel, Minggu (20/1) kemarin.

BACA :  Mahir Bahasa Asing, PR Pemandu Wisata

Mengenai biaya perbaikannya, Robinson memungkinkan jika dananya berasal dari swadaya yang berasal dari para donatur yang menyumbangkan materi untuk membeli bahan materialnya. Selain masalah itu, Robinson mengatakan bahwa ada hal lain yang perlu dibahas dan diterapkan dalam proses perbaikan Dermaga Canti.

“Nanti kita cari donaturnya. Nanti kita bicarakan apa kemampuan masyarakat dan apa yang bisa kami bantu, sifatnya tetap bergotong-royong. Kami mohon doanya agar dilancarkan dan cepat selesai,” katanya. (rnd)

BAGIKAN