Peringatan Hari Santri Berjalan Meriah

17
Kades P.Dalam Sugino dan istri Tri Asih

 Desa Purwodadi Dalam Berhasil Jadi Penyelenggara

TANJUNG SARI– Memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019, Desa Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjung Sari mengadakan lomba-lomba yang berbasis islami mulai dari tingkat anak-anak, remaja hingga ibu-ibu.

Penyambutan atau peringatan HSN itu sendiri diadakan secara bergulir di desa-desa yang ada di kecamatan itu, ratusan santri di Kecamatan Tanjungsari serta warga Desa Purwodadi Dalam berantusias memeriahkan acara tersebut.

Kepala Desa Purwodadi Dalam Sugino mengatakan bahwa pada acara puncak penyambutan HSN itu dimulai dengan upacara bendera yang disusul dengan Kirab (karnaval) santri, dilanjutkan pada siang hari pembagian hadiah dan ceramah oleh Kiyai Haji Muhayat dari Pondok Pesantren Rumbia di Lampung Tengah.

“Upacara tadi dimulai pukul 8.00 kemudian dilanjutkan dengan Qirab santri, rutenya dari lapangan ini kemudian ke dusun 1a lalu ke dusun 1b lalu muter ke dusun dua kemudian berkumpul lagi di lapangan, siang ini rencananya pembagian hadiah dan ceramah dari K.H Muhayat dari Ponpes Rumbia,” ucap Sugino kepada Radar Lamsel di Kantor desa Purwodadi Dalam, Selasa (22/10).

BACA :  Paripurna DOB Tunggu ‘Surat Sakti’

Dia juga mengatakan bahwa perlombaan pentas seni islami sudah diadakan duahari sebelum puncak penyambutan HSN itu, yakni pentas seni islami tingkat anak-anak dan remaja dan lomba Qasidah tingkat ibu-ibu.

“Pentas seni islami tingkat anak-anak dan remaja diadakan hari minggu kemarin, kemudian seninnya lomba Qasidah ibu-ibu, kami adakan selama tiga hari berturut turut dengan tujuan supaya penyambutan hari santri ini lebih meriah,” kata Sugino.

BACA :  Sidomukti Tertawan Lahan Register

Karena kerja keras Kades Purwodadi Dalam dan tidak lepas dari keantusiasan dan kekompakan santri di desa itu, desa tersebut ditunjuk oleh Kecamatan Tanjung Sari sebagai juara umum pada acara penyambutan HSN itu.

“Saya berupaya bagaimana caranya penyambutan hari santri nasional tahun ini bisa lebih meriah dari tahun sebelumnya, tidak lepas juga dari kerja keras santri yang berada di desa kami, mereka sangat semangat dan antusias,” beber Sugino.

Orang nomor satu di desa Purwodadi Dalam itu berharap acara penyambutan HSN tahun depan bisa lebih meriah. “Harapan saya penyambutan hari santri nasional tahun depan dan seterusnya bisa lebih meriah lagi,” tutur Sugino. (Adv)

BAGIKAN