Peringati Bulan Bahasa, SMPN 1 Candipuro Gelar Perlombaan

228

CANDIPURO – Ratusan siswa-siswi SMPN 1 Candipuro memeriahkan berbagai cabang perlombaan untuk memperingati Bulan Bahasa yang jatuh pada 28 Oktober mendatang. Sebanyak 15 cabang perlombaan disuguhkan; mulai dari cipta puisi sampai tari kreasi.
Adapun cabang perlombaan bulan bahasa yakni, cipta puisi, baca puisi, cipta cerpen, story telling, melukis batik Lampung, kaligrafi, MTQ, pidato bahasa Indonesia dan bahasa Lampung. Selain itu variasi perlombaan olimpiade IPA, IPS dan Matematika. Ada juga vocal group dan tari kreasi.
Kepala Sekolah SMPN 1 Candipuro A. Wardani HS mengatakan, tujuan peringatan bulan bahasa adalah untuk mempererat persatuan antar peserta didik. Selain itu momentum ini juga dimanfaatkan untuk menggali bakat-bakat sastra sejak dini.
“Tujuan diadakan lomba ini adalah untuk sama-sama mencintai ilmu bahasa dan mendorong semua warga sekolah untuk memahami bahasa dan sastra yang ada di tanah air,” kata dia kepada Radar Lamsel.
Dilanjutkan puncak kegiatan ini akan berakhir pada 28 Oktober mendatang. Dengan peserta lomba seluruhnya merupakan siswa-siswi SMPN 1 Candipuro. “Perlombaan dilangsungkan selama tiga hari kedepan, dengan juri yang kompeten dibidangnya masing-masing,” ujar Wardani.
Ketua Panitia Bulan Bahasa SMPN 1 Candipuro Abdul Kholid S.Pd.,M.M mengatakan bulan bahasa digunakan untuk memupuk rasa cinta terhadap tanah air dengan semangat kebangsaan yang dimiliki peserta didik.
“Memupuk kecintaan terhadap bangsa, salah satunya dengan menggelar perlombaan seperti baca puisi, cipta cerpen, story telling sampai pidato bahasa daerah,” sebud dia.
Dilanjutkan panitia menempatkan juri yang memang kompeten dibidangnya, semisal kata dia, lomba pidato bahasa Lampung pastinya dinilai oleh guru bahasa Lampung. Begitu juga dengan cipta puisi yang dinilai oleh guru bahasa Indonesia.
“Supaya bakat dan kemampuan peserta didik bisa dilihat dari keikutsertaan mereka dalam peringatan bulan bahasa ini. Untuk itu kami sampaikan agar siswa benar-benar totalitas saat dilakukan penilaian oleh juri,” ucapnya.(ver)

BACA :  Nanang Ermanto Serahkan Bantuan Kemensos ke Masyarakat
BAGIKAN