Perpus Smandaka Terbaik Kedua se-Lampung

665
Randi Pratama – Kepala SMAN 2 Kalianda, Darmiyati, M.Pd, sedang memantau siswa yang mengerjakan tugas mapel melalui fasilitas internet yang ada di ruang perpustakaan.

Minta Pemkab Terlibat Dalam Pembinaan dan Pengarahan

KALIANDA – Prestasi membanggakan kembali dicetak SMA Negeri 2 Kalianda (Smandaka). Sekolah ini menjadi juara 2 dalam lomba penilaian perpustakaan yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung.

Perpustakaan SMAN 2 Kalianda memperoleh nilai 632, hanya kalah dari SMKN 1 Metro yang meraih nilai 640, sekaligus menyandang juara 1.

Meski demikian, raihan juara ini tetap menjadi prestasi yang membanggakan. Pasalnya, hanya SMAN 2 Kalianda wakil Lampung Selatan yang mencatatkan namanya di daftar juara penilaian lomba perpustakaan tingkat SMA/SMK se-Provinsi Lampung tahun ini. Sekolah yang memiliki motto ‘Lamban Ilmu’ atau Rumah Ilmu ini juga pernah merasakan juara di posisi yang sama pada tahun 2014 lalu.

Kepala SMAN 2 Kalianda, Darmiyati, M.Pd,  mengatakan bahwa sekolahnya memang menjadi satu-satunya wakil dari Lampung Selatan. Darmiyati berharap ada perhatian Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terhadap perpustakaan SMAN 2 Kalianda yang sudah dua kali menyandang gelar juara. Menurutnya, perhatian itu diperlukan agar SMAN 2 Kalinda mampu meraih gelar juara satu, dan maju ke tingkat nasional.

BACA :  Mundur Bukan Berarti Tunggakan Lunas!

Jika perwakilan Lampung Selatan menang, kata dia, tentunya hal itu ikut mengharumkan nama daerah. Darmiyati mengaku jika perpustakaannya membutuhkan perhatian karena kriteria penilaiannya banyak. Antara lain jumlah judul buku yang ada di perpustakaan, tenaga ahli di perpustakaan tersebut, sarana dan prasarana perpustakaan.

“Serta pembinaan oleh atasan dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perpustakaan itu sendiri,” katanya kepada Radar Lamsel, Minggu (28/7) kemarin.

Harapan lain yang diutarakan Darmiyati antara lain, ke depannya SMAN 2 Kalianda bisa kembali ditunjuk kembali mewakili Lampung Selatan pada lomba yang sama. Tetapi, pada lomba tahun depan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan diminta ikut terlibat. Tentu saja, keterlibatan Pemkab Lamsel dalam hal ini Dinas Perpusatakaan Daerah dapat memberikan pembinaan dan pengarahan bagi SMAN 2 Kalianda.

BACA :  Bantuan Kapal Nelayan Korban Tsunami Segera Turun

“Dan tentu saja kami menunggu janji pihak perpusda untuk memberikan bantuan berupa satu unit komputer bagi perpustakaan kami,” katanya.

Darmiyati melanjutkan, perpustakaan SMAN 2 Kalianda bakal ada revitalisasi pengelolaan perpustakaan hingga bisa terkoneksi dengan Perpustakaan Nasional (perpusnas) RI. Saat ini, lanjutnya, SMAN 2 Kalianda tengah berjuang di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam memperkenalkan perpustakannya melalui publish berbagai kegiatan.

“Agar harapan tahun depan kami bisa diikutsertakan oleh direktorat untuk kegiatan revitalisasi,” katanya. (rnd)

BAGIKAN