Pertambangan Batu PT. RKM Ditutup Sementara

1059
Randi Pratama – PT. RKM ditutup sementara. Penutupan dilakukan Pemkab Lamsel dengan memasang sepanduk yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja pemerintah kabupaten Lampung Selatan, Rabu (20/7) kemarin.

RAJABASA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melakukan penutupan sementara pembangunan dermaga yang dilakukan PT. Rajabasa Kedaton Makmur (RKM) di Desa Batubalak, Kecamatan Rajabasa, Rabu (20/7).
Penutupan sementara itu dilakukan oleh Satpol PP Pemkab Lamsel dengan memasang plang bertuliskan “Kawasan Ini Ditutup Sementara”. Pantauan Radar Lamsel, penutupan dipimpin langsung Kasat Pol PP Lamsel Maturidi Ismail, SH sekitar pukul 13.00 WIB. Penutupan itu disaksikan PPNS Sringatin, SH, Camat Rajabasa Sabilal, SE, Kades Batu Balak Nur Muhammad dan Kades Hargo Pancoran Sarif Hidayat.
Namun sayang, Kasat Pol. PP Maturidi Ismail tidak mau memberikan komentar apapun. Dia mengaku, pihaknya hanya menjalankan perintah. “Kami hanya menjalankan perintah untuk menutup sementara PT. RKM ini,” ucap Maturidi saat ditemui Radar Lamsel dilokasi, kemarin.
Maturidi mengatakan, proses penutupan itu akan dicabut setelah pihak perusahaan melengkapi izinnya di Pemkab Lamsel. “Kalau izinnya sudah terpenuhi, kami akan langsung cabut proses penutupan ini. Penutupan sementara pembangunan dermaga ini agar pihak perusahaan mengurus izin-izin yang diperlukan,” kata Maturidi.
Terpisah, Fajar Cahyono selaku Kepala Teknik Tambang (KTT) PT. RKM tidak mau berkomentar jauh soal penutupan pembangunan dermaga oleh Sat Pol PP Pemkab Lamsel. “Perihal (penutupan) itu saya no komen,” ucap Fajar.
Namun dirinya mengklaim perusahaan PT. RKM sudah memenuhi izin untuk pembangunan dermaga di Desa Batubalak, Kecamatan Rajabasa. “Ada beberapa izin yang sudah keluar, hanya saja belum kami bawa,” ungkap Fajar.
Fajar Cahyono, selaku perwakilan perusahaan mengaku akan secepatnya melengkapi izin yang diminta Pemkab Lamsel. “Kami akan lengkapi izin yang belum kami punya agar pengerjaan pembangunan dermaga bisa berlanjut dan penutupan sementara bisa dicabut pihak Satpol PP Lamsel,” katanya.
Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menyidak pembangunan dermaga di Desa Batubalak, Kecamatan Rajabasa, Senin (18/7) sore.
Pembangunan dermaga itu dilakukan PT. Rajabasa Kedaton Makmur (RKM). Pantauan Radar Lamsel, sidak yang dipimpin Plt. Asisten Bidang Pemerintahan Pemkab Lamsel Ir. Mulyadi Saleh itu datang kelokasi sekitar pukul 17.10 WIB. Selain Mulyadi Saleh sejumlah pejabat yang ikut dalam rombongan itu antara lain Plt. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Lamsel H. Thamrin, S.Sos dan Camat Rajabasa Sabilal, S.E. (Cw1)

BACA :  yuk.. Gabung jadi Agen BLink
BAGIKAN