Peserta Membludak, Sekolah Hanya Siapkan 10 Kelas

379
Kepala SMAN 2 Kalianda Darmiyati, M. Pd

PPDB di SMAN2 Kalianda

KALIANDA – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kalinda Lampung Selatan melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tahun ajaran baru 2019 melalui jalur prestasi dan zonasi.

          Kepala SMAN 2 Kalianda Darmiyati, M. Pd mengatakan, untuk penerimaan peserta didik baru melalui jalur prestasi, itu dilakukan tanpa tes.

          “Pendaftar melalui jalur prestasi ini, calon siswa wajib melampirkan persyaratan berupa raport SMP yang mendapatkan ranking kelas, serta piagam-piagam penghargaan yang diperoleh selama duduk di bangku SMP. Untuk menentukan diterima atau tidaknya siswa pendaftar, itu akan dilihat dari hasil perangkingan nilai para pendaftar jalur prestasi,” ujar Darmiyati kepada Radar Lamsel, diruangkerjanya, Rabu (19/6) kemarin.

BACA :  Duh.. Per Siswa Dipinta Minimal Rp 200 Ribu

          Sedangkan, untuk pendaftar melalui jalur zonasi, itu akan ditentukan oleh jauh dekatnya jarak antara tempat tinggal calon siswa dengan lokasi sekolah. “Penerimaan Peserta Didik Baru lewat jalur zonasi ini telah mengacu pada Permendikbud Nomor 51 tahun 2018,” terangnya.

          Diungkapkannya, penerimaan siswa baru melalui jalur prestasi dan zonasi tersebut, itu bukan untuk kalipertama dilakukan pihak SMAN 2 Kalianda, tetapi sudah yang kesekiankalinya dalam setiap penerimaan siswa baru.

          “Jalur zonasi dan prestasi ini  sudah diterapkan sejak penerimaan siswa baru pada tahun lalu. Penerimaan siswa baru lewat jalur zonasi ini sebagai upaya pemerataan. Sedangkan jalur prestasi untuk menjaring siswa-siswa berprestasi dibidang akademik dan non-akademik seperti prestasi olahraga, senibudaya dan lain sebagainya,” ungkapnya.

BACA :  Kasatpol PP Lamsel Endus Anggota Pemakai Narkoba!

          Darmiyati menjelaskan, pihaknya untuk tahun ajaran baru ini akan menyiapkan 10 ruang kelas terdiri dari jurusan IPA sebanyak 5 kelas dan jurusan IPS 5 kelas, dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 34 anak. “Jumlah kelas yang kami siapkan untuk siswa baru sebanyak sepuluh ruangan. Untuk masing-masing kelas, akan diisi kuranglebih sebanyak 34 orang siswa,” pungkasnya. (iwn)

 

BAGIKAN