Petani Desa Pulautengah Bentuk KEP

292

PALAS – Petani Desa Pulautengah, Kecamatan Palas membentuk Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) sebagai upaya untuk menciptakan kelembagaan petani lebih mandiri.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Pulautengah Dwi Ratnawati mengatakan, KEP yang terbentuk dari gabungan kelompok tani tersebut bertujuan untuk menciptakan kemandirian kelembagaan petani.

“KEP ini dibentuk dari gabungan kelompok tani. Tujuaannya agar kelompok tani itu sendiri bisa lebih mandiri,” kata Dwi kepada Radar Lamsel, Jumat (9/11).

BACA :  1.477 Rumah KPM PKH dan BPNT Sudah Terlabel

KEP yang diberi nama “Maju Bersama” ini juga diharapkan akan mampu mengatasi ketergantungan petani terhadap penyediaan pupuk dan obat – obatan yang selama ini menjadi kendala bagi petani.
“KEP adalah lembaga usaha dari petani dan untuk petani itu sendiri yang diharapakan akan meningkatkan kesejahteraan petani,” ujarya.

Sementara itu Ketua KEP Maju Bersama Swagio mengatakan, lembaga ini diisi oleh 13 kelompok tani yang ada di Desa Pulautengah. “Hadirnya KEP Maju Bersama ini tujuannya utamanya  supaya kelembagaan petani lebih mandiri sehingga dapat meningkatkan produktivitas usaha pertanian mereka,” terangnya.

BACA :  Tanjung Jaya Kebut Pelaksanaan Pembangunan

Lebih lanjut Swagio menjelasakan, KEP Maju Bersama direncanakan akan bergerak dalam bidang Saprodi sebagai penyalur kebutuhan obatan-batan dan pupuk untuk pentani. “Rencana KEP akan bergerak dibidang Saprodi sebagai kios penyedia kebutuhan pupuk dan obat-obatan bagi petani Pulau Tengah,” tutupnya. (vid)

BAGIKAN