Pilkades Serentak Digelar Akhir 2019

817
Foto Ilustrasi Berita Pilkades

GEDONGTATAAN – Pesta demokrasi pemilihan kepala desa serentak di 84 desa di pesawaran diagendakan akan digelar diakhir 2019.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Isroni Mihradi mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu pengesahan rancangan peraturan daerah tentang  pemilihan kepala desa serentak.
 
“Kalau tahapan sudah kita susun, untuk jadwal pasti masih menunggu intruksi lebih lanjut dari pimpinan,” ungkap Isroni pekan lalu.
 
Dikatakan, dari 84 desa yang akan menggelar pilkades serentak nantinya sekitar Mei sudah terdapat beberapa desa yang sudah diisi oleh penjabat kepala desa (Pj.Kepala Desa). 
 
“Untuk Pj kepala desa bergantung pada akhir masa jabatan kepala desa itu. Mulai Mei sudah ada yang ditunjuk Pj.kepala desa dari PNS,” ucapnya.
 
Dirincikan, dari 84 kepala desa yang pilkades serentak yakni  10 desa di Kecamatan Gedongtataan; 10 desa di Negerikaton; 14 di Tegineneng; Way Lima dan Kedondong masing-masing sebanyak 9 desa; Kecamatan Punduhpedada sebanyak 6 desa;  Marga Punduh 3 desa;  Way Khilau 4 desa serta Kecamatan Padangcermin, Teluk Pandan dan Way Ratai masing-masing 5 desa.
 
Dengan regulasi saat ini yang tertuang dalam Permendagri nomor 65/ 2017 tentang perubahan Permendagri 112/2104  tentang pemilihan kepala desa dinyatakan setiap warga negara Indonesia (WNI) dengan menunjukkan KTP Elektronik dapat mencalonkan diri sebagai kepala desa dimanapun wilayahnya.
 
“Boleh nyalon (Kades) dimana saja, asal WNI dengan dibuktikan KTP Elektronik,” jelasnya.
 
Lebih jauh mantan Kepala Diskominfo Lampung Selatan ini beberapa tahapan pilkades serentak yakni pengumuman dan pendaftaran bakal calon; penelitian kelengkapan berkas ditingkat desa, kecamatan dan kabupaten; tes tertulis; penetapan dan pengumanan calon; penetapan DPS dan DPT; kampanye; masa tenang; pemungutan suara; laporan panitia pemilihan ke BPD; laporan BPD ke Bupati; pelantikan dan kemudian penerbitan SK.
 
“Rencana BPD dan PJ  kades mebentuk panitia pillades sekitar Juni. Dan kita berharap Pj Kades dapat menyukseskan penyelenggaraan pilkades serentak nantinya,” pungkasnya. (Esn)
BACA :  Miliki Persamaan Kultur, Wakil Bupati Gresik Kunjungi Pesawaran
BAGIKAN