PMII Cabang Lamsel Gelar MAPABA Hari Ini

199

KALIANDA – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Lampung Selatan dijadwalkan menggelar Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) serta Konferensi Cabang Luar Biasa (Konfercab) ke-VII , Jum’at (12/1) hari ini.

Informasi yang didapat dari 20 berkas yang masuk ke Sekretariat PC PMII Lampung Selatan Jln Kolonel Makmun Rasyid No 60 Kalianda, hanya 15 anggota yang dipastikan mengikuti MAPABA dari empat sekolah tinggi yang ada di Lamsel.

Ketua Umum PMII Cabang Lamsel Ahmad Sayuti mengatakan, MAPABA juga akan dibarengi dengan Konfercab VII yang bakal berlangsung per 12 Januari hingga 14 Januari mendatang. “15 anggota itu terdiri dari emnpat sekolah tinggi yang ada di Lamsel, ada dari STIE, STIH, STAIS Yasba dan STAIS Annur,” ujarnya kepada Radar Lamsel, Kamis (11/1) kemarin.

Kegiatan ini mengangkat tema “menumbuhkan kesadaran berorganisasi demi mewujudkan karakter mahasiswa yang bertaqwa intelektual dan profesional. Selain itu kata dia, MAPABA adalah sistem kaderisasi formal  yang bertujuan merekrut anggota baru PMII.

“MAPABA juga merupakan Fase awal kaderisasi formal yang ada di dalam organisasi PMII untuk memperkenalkan ideology ahlussunnah wal-jama’ah yang dianut PMII dan memperkenalkan gagasan kebangsaan, keindonesiaan serta keislaman yang berasaskan Pancasila.” Ucapnya.

Masih kata Sayuti tujuan kaderisasi PMII tidak hanya untuk melanjutkan estafet kepemimpinan, namun secara substansi  merupakan proses pencapaian pribadi kader yang ulul albab . Maka sergahnya kader-kader PMII harus siap menghadapi segala macam tantangan  dan hambatan serta mampu menjadi solusi demi penyelesaian berbagai masalah.

Hal senada dikatakan Ketua pelaksana MAPABA, Nur Fadillah mengatakan bahwa sebagai mahasisiwa harus bisa menjalankan peran dan fungsinya di dalam masyarakat, yakni agent of change, atau agen perubahan. “Maka dari itu sebagai seorang mahasiswa kita harus peka terhadap kondisi masyarakat di sekitarnya dan mampu memperjuangkan apa yang menjadi hak masyarakat. Mahasiswa juga adalah kaum idealis, maka PMII merupakan tempat yang tepat untuk memperjuangkan idealismenya itu”.

Konfercab VII PMII Lamsel tersebut ada dua nama yang muncul dipermukaan dalam bursa calon  untuk bertarung merebut  posisi menjadi ketua cabang PMII Lampung selatan periode 2018-2019 yakni sahabat Muhutul Ulum dari Komisariat stai Yasba Kalianda dan sahabat Dimas Muhammad  dari Komisariat STIE Muhammadiyah Kalianda. (ver)

BAGIKAN