Pramuka Bentuk Kecerdasan, Karakter dan Moral Siswa

737
Shofyan Apriyansyah – Para Murid SD Negeri Palas Aji kelas 4,5 dan 6, latihan PBB dilingkungan sekolah, di dampingi oleh pembina Pramuka, Jumat (18/3).

PALAS – Guna mencerdaskan dan membentuk moral siswa agar tertib mengikuti aturan, Sekolah Dasar (SD) Negeri Palas Aji, Kecamatan Palas memberikan kegiatan ekstrakulikuler Pramuka kepada siswa-siswinya.
Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali yang digelar dilingkungan sekolah setempat itu diikuti sebanyak 75 peserta terdiri dari kelas 4, 5 dan 6. Materi kegiatan meliputi, PBB, tali temali, sandi dan semapore.
Ketua Majelis Gugus Depan (Kamabigus) SD Negeri Palas Aji M. Zubir, S.Pd mengatakan, kegiatan kepanduan yang dilaksnakan secara rutin satu bulan dua kali itu merupakan program wajib ekstrakulikuler di sekolah masing-masing. “Pelaksanaan kepanduan tingkat penggalang digelar dalam rangka pembentukan kecerdasan dan moral siswa,” kata Zubir, Jumat (18/3).
Kamabigus SD Negeri Palas Aji ini juga mengatakan, kegiatan kepanduan ini diperuntukan bagi siswa SD kelas 4, 5 dan 6. Menurutnya, materi kegiatan meliputi PBB, tali temali, sandi dan semapore.
Lebih lanjut Zubir mengatakan, sasaran akhirnya dalam kegiatan kepramukaan tersebut adalah pembentukan watak sejak dini dan karakter mental yang kuat bagi siswa. “Kegiatan hari ini (Jumat’red) materinya sebatas baris-berbaris, tali temali dan sandi,” kata Zubir lagi.
Almaida Agustin (9), penggalang SD Negeri Palas Aji mengatakan, dirinya rutin mengikuti kegiatan kepenggalanagan disekolahnya dengan alasan kegiatan tersebut menarik dan menyenangkan. “Kegiatan ini dilakukan dilingkungan sekolah. Dengan kegiatan ini saya menjadi sehat dan menjadi disiplin,” kata siswi kelas 4 SD itu. (CW2).

BACA :  Kenaikan Honor Badan Ad Hoc Didukung dengan ‘Tapi’
BAGIKAN