PRI Natar Persiapkan Penilaian Akreditas Tahun Ini

822
DIMAS - Kepala UPT Puskesmas Karanganyar Sudibyo, S.K.M saat memberikan arahan kepada staf PRI Sukadamai yang sedang belajar tentang Akreditasi di Aula Puskesmas Karanganyar, kemarin (19/1).

JATIAGUNG – Puskesmas Rawat Inap (PRI) Sukadamai Kecamatan Natar mulai mempersiapkan diri menjelang penilaian Akreditasi tahun ini. Sebagai bahan rujukan atas penilaian nanti, pihak PRI Sukadamai, Kecamatan Natar mendatangi Puskesmas Karanganyar, Kecamatan Jatiagung untuk belajar tentang akreditasi tersebut.

Kepala UPT PRI Sukadamai Catur mengatakan, Puskesmas Karanganyar sudah mendapatkan predikat akreditasi Utama. Atas keberhasilan itu, pihaknya akan banyak belajar agar Puskesmas yang ia pimpin mampu meraih predikat yang sama.

“Kami sangat berterima kasih kepada Puskesmas Karanganyar yang telah menerima PRI Sukadamai dan telah menyiapkan tempat untuk belajar tentang akreditasi. Kami mengucapkan selamat kepada UPT Puskesmas Karanganyar yang sampai saat ini menjadi satu-satunya di Lampung Selatan yang mendapatkan predikat Akreditasi Utama,” ujarnya.

BACA :  Desa Rejomulyo Fokus Penguatan Dasar Jalan

“Pada tahun 2017 ini kami akan melakukan penilaian akreditasi. Kami menilai Puskesmas Karanganyar ini cukup kompeten dalam akreditasi tahun lalu karena mereka mendapatkan akreditasi utama,” tambahnya.

Ia mengatakan, dirinya membawa staf yang sesuai dengan tujuan dari akreditasi seperti pokja-pokja Admen, UKM, UKP dan pemegang program. Karena menurutnya, staf masih bingung atau belum memahami tentang akreditasi. Dengan belajar di Puskesmas Karanganyar, lanjutnya, pihaknya akan lebih paham sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik.

“Mudah-mudahan ilmu yang kami dapat dari Puskesmas Karanganyar bisa kami aplikasikan di PRI Sukadamai sehingga minimal kami juga mendapatkan Akreditasi Utama dan Insha Allah bisa lebih baik,” harap dia.

BACA :  Periode Ini Tadah Hujan Sulitkan Petani

Sementara Kepala UPT Puskesmas Karanganyar Sudibyo, S.K.M mengatakan, yang terpenting dalam mempersiapkan penilaian akreditasi semua staf harus kompak dengan menandatangani komitmen bersama.

“Persiapan yang lebih peting adalah mempersiapkan dokumen-dokumennya. Nah persiapan inilah yang harus teman-teman pelajari dengan baik. Pada akreditasi itu ada sekitar 776 elemen yang dinilai dan tim surveyor pasti akan melihat 776 elemen itu. Selanjutnya saya berharap setelah mendapatkan ilmu disini PRI Sukadamai bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari kami,” pungkas dia. (dms)

 

BAGIKAN