PRI Penengahan Survei Keluarga Sehat

1381
Randi Pratama – Petugas Survei PRI Penengahan tengah melakukan pendataan terhadap wanita lansia di Desa Rawi, kemarin.

PENENGAHAN – Untuk mengetahui status kesehatan di Kecamatan Penengahan, Puskesmas Rawat Inap (PRI) Penengahan mulai melakukan survei keluarga sehat diseluruh desa diwilayah itu. Desa Rawi sebagai desa pertama oleh tim survei PRI Penengahan melakukan survei keluarga sehat, kemarin.

Kepala PRI Penengahan Syaiful Anwar, S.Km menjelaskan, survei keluarga sehat itu akan dilaksanakan diseluruh desa dengan ketentuan melakukan survei di tiga desa selama 1 bulan.

“Kemudian bulan selanjutnya juga seperti itu. Target sampai akhir tahun kita akan selesaikan survei di 22 desa,” Kata Syaiful kemarin.

BACA :  Patung Radin Inten II Butuh Polesan

Syaiful melanjutkan, survei keluarga sehat tersebut nantinya akan menghasilkan data riil mengenai penyakit dan data jumlah penduduk, bayi, bumil, pemilik BPJS, jamban sehat, hipertensi, diabetes dan perokok. Nantinya, hasil survei itu akan menentukan apakah daerah tersebut dalam kondisi sehat atau tidak.

“Hasil survei akan di entri melalui portal KS (keluarga sehat), kemudian kita tunggu hasilnya dari pusat. Nah, dari hasil itu kita akan tahu, desa tersebut masuk kategori sehat atau tidak,” katanya.

BACA :  SK Pilkades PAW Tunggu Penatikan Kades Definitif

Hasil survei, lanjutnya, jika menunjukkan adanya sejumlah keluarga yang kurang sehat, maka PRI Penengahan akan memberikan solusi dan penanganan. “Jika hasil survei menemukan adanya keluarga yang tidak sehat, kita akan memberikan penanganan supaya keluarga tersebut dapat masuk dalam kategori sehat,” pungkasnya. (rnd)

BAGIKAN