Promosikan Batik Tulis di Lampung Fair

175
David Zulkarnain – Dinas Koperasi dan UKM Lampung Selatan saat melakukan kunjungan UKM Wirajaya Batik Desa Bumiasih, Kecamatan Palas, Senin (15/4).

PALAS – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Lampung Selatan akan promosikan produk UKM Wirajaya Batik, Desa Bumiasih, Kecamatan Palas pada gelaran Lampung Fair (LF) pada 19 April mendatang.

          Hal tersebut diungkapkan oleh Plt. Kasi Pemasaran dan Promosi UKM, Dinas Koperasi dan UKM Lampung Selatan M. Hendra Dharmawan pada saat mengunjungi UKM Wirajaya Batik, Senin (15/4).

          Hendra Dharmawan mengatakan, memasarkan hasil produksi UKM di Lampung Selatan, pihaknya akan mengusung hasil produk-produk unggulan UKM untuk  dipromosikan pada gelaran Lampung Fair.

          “Saat ini kami tengah melakukan pendataan produk-produk unggulan UKM yang ada di desa untuk di promosikan pada gelaran Lampung Fair. Salah satunya adalah batik tulis khas Lampung Desa Bumiasih” kata Hendra kepada Radar Lamsel.

          Hendra menerangkan, selain kain khas daerah dalam gelaran tahunan itu pihaknya juga akan mengusung produk olahan pangan UKM di Lampung Selatan. Salah satunnya yaitu, abon pepaya yang diproduki di Kecamatan Natar.

BACA :  Bumidaya Bina Aparat, Tingkatkan Serapan PBB

          “Tidak hanya kain khas daerah saja, tetapi untuk produk olahan pangan yang memiliki inovasi juga ikut dipromosikan. Kami akan bekerjasama dengan Dewan Kerajian Nasional Dareah Lamsel untuk mencari produk-produk yang akan dipromosikan,” ungkapnya.

          Dalam kesempatan tersebut, Hendra mengungkapkan, pihaknya akan mengupayakan batik tulis khas lampung Desa Bumiasih menjadi ikon produk Lampung Selatan.

Kedepannya, lanjut Hendra pihaknya akan mengusulkan UKM Wirajaya Batik untuk mendapatkan standarisasi dan sertifikasi produk dari Kementerian Koperasi dan UKM.

BACA :  Diserang Wereng, Produksi Gabah Merosot

“Kami juga akan berupaya mengusulkan UKM Wirajaya Batik untuk menjadi peserta fasilitas standarisasi dan sertifikasi produk. Supaya batik tulis khas lampung ini bisa menjadi ikon produk Lampung Selatan,” paparnya.

Sementara itu Pjs. Kades Desa Bumiasih Turhamun mengharapkan promosi ini bisa mengangkat popularitas batik tulis Desa Bumiasih.

“Selain di gelaran Lampung Fair, batik tulis Desa Bumiasih juga akan dipamerkan di ajang MTQ Tulang Bawang pada ahir bulan ini. Kami mengharapkan dengan adanya promosi ini bisa mengangkat popularitas batik tulis UKM Wirajaya Batik,” harapnya. (vid)

BAGIKAN