Proyeksikan Pantai Ketang jadi Destinasi Wisata

684
Iwan J Sastra – Wakil Bupati Lamsel Nanang Ermanto tengah berbincang dengan sejumlah pejabat Pemkab Lamsel terkait pengembangan Pantai Indah Ketang (PIK) Kalianda, usai melakukan bersih-bersih di kawasan pantai ketang, Jumat (3/2)

KALIANDA – Gerakan bersih-bersih terus digalakkan Pemkab Lampung Selatan. Jum’at (3/2) pekan lalu, Wakil Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto beserta sejumlah pejabat menggiatkan diri membersihkan kawasan pantai indah ketang (PIK) Kalianda.
Selain untuk membersihkan lokasi pantai yang diproyeksi sebagai salah satu destinasi wisata, kegiatan itu juga sebagai langkah awal untuk membangkitkan dunia wisata pantai di pusat Kota Kalianda.
Wakil Bupati Nanang Ermanto berharap kegiatan bersih-bersih dapat terus dilakukan oleh masyarakat Lampung Selatan. Terlebih mereka yang memiliki kawasan atau potensi wisata seperti Pantai Indah Ketang yang ada di Kota Kalianda.
Sebab, dengan menjaga kebersihan lingkungan, Wabup meyakini Pantai Ketang akan menjelma menjadi destinasi wisata alternatif bagi para pelancong wisata.
“Harapan saya masyarakat tidak berhenti bersih-bersih setelah hari ini. Setiap hari harus terus dijaga,” ungkap Wabup kepada Radar Lamsel disela-sela kegiatan bersih-bersih itu.
Nanang mengungkapkan, Pantai Ketang memiliki karakteristik tersendiri dimatanya. Hamparan pasir yang luas ditambah deburan ombak yang besar membuat pantai tersebut berbeda dan indah dipandang. Ditambah lagi pemandangan dan keindahan Gunung Rajabasa yang dapat dilihat secara utuh dari bibir pantai.
“Nah, ini potensi. Tidak semua pantai dapat memperlihatkan gunung. Jadi harus dijaga kebersihannya. Nanti pemerintah yang memikirkan sarana dan prasarananya,” ungkap dia.
Politisi PDI Perjuangan ini juga mengungkapkan, majunya dunia pariwisata disatu daerah tak terlepas dari dukungan masyarakat yang ada disekitarnya. Keterlibatan masyarakat secara aktif dalam pengembangan industri wisata menjadi modal dasar yang harus dimiliki.
Keterlibatan itu setidaknya dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan, membudayakan sopan santun, serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan yang berkujung.
“Semua itu harus membudaya ditengah masyarakat. Kalau sudah membudaya saya yakin wisatawan akan berdatangan untuk berkunjung. Mereka (wisatawan’red) pasti akan merasa betah dan nyaman kalau tempat wisata yang dikujungi itu bersih dan aman. Sebab, orang yang berwisata itu tujuannya untuk mencari kesenangan, kenyamanan dan ketenangan,” ungkapnya.
Sementara itu, Camat Kalianda Erdiansyah, SH, MM yang turut serta dalam kegiatan bersih-bersih di kawasam pantai indah ketang Kalianda menuturkan, pihaknya akan terus berupaya membenahi berbagai persoalan-persoalan yang ada diwilayah Kota Kalianda yang selama ini kurang begitu mendapatkan perhatian, khususnya menyangkut soal kebersihan.
“Soal kebersihan ini memang tengah menjadi sorotan kami. Artinya bukan saja persoalan kebersihan di kawasan pantai, tetapi juga di semua lingkungan yang ada di wilayah Kecamatan Kalianda,” ucap Erdiansyah.
Dikatakannya, gerakan bersih-bersih kawasan pantai ini bukan untuk yang kali pertama dilakukan. Tetapi untuk yang kesekiankalinya. Menurutnya, menjaga kebersihan lingkungan memang sudah sepatutnya menjadi budaya bagi masyarakat.
“Hampir setiap hari Jumat kegiatan bersih sampah ini kami laksanakan. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan bersih-bersih setiap hari Jumat ini mampu membangkitkan masyarakat untuk membudayakan kebiasaan cinta lingkungan bersih dan nyaman,” harapnya. (iwn)

BACA :  Tendik PAUD Dituntut Berinovasi
BAGIKAN