Pulau Mengkudu Disolek

26
Ist. Radar Lamsel – Inilah pulau Mengkudu di Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauhnei, yang sedang disolek menjadi destinasi wisata ramah lingkungan.

BAKAUHENI – Pulau Mengkudu disolek lagi. Berbagai pembenahan fasilitas dilakukan oleh masyarakat dan LSM Peduli Wisata (Pelita) Lamsel di pulau yang terletak di Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni. Konsep pulau Mengkudu kali ini tak jauh berbeda dari sebelumnya dengan menerapkan konsep ramah lingkungan.

Ini bisa dilihat dari pengadaan fasilitas seperti gazebo, rumah pohon yang terbuat dari material kayu. Ini baru tahap awal. Masih ada tahapan peningkatan yang akan terus dilakukan oleh masyarakat dan lembaga swadaya itu. Rencananya, pulau Mengkudu akan menyiapkan sarana wisata seperti family homestay, camping ground, dan wisata air banana boat.

Ketua LSM Pelita, Yodistara Nugraha, mengatakan pengembangan fasilitas di pulau Mengkudu merupakan proyek besar yang harus terealisasi. Pria yang akrab disapa Yodis ini menilai pulau Mengkudu memiliki keunggulan dan potensi besar menjadi destinasi wisata terfavorit di Lampung Selatan, khususnya Kecamatan Bakauheni.

BACA :  Bangkitkan ’Pamor’ Pulau Mengkudu

“Pulau ini sudah hits, dan banyak dikenal masyarakat lokal maupun luar. Nah, supaya hits lagi, tentu harus ada perubahan. Inilah alasan kita membangun kembali pulau Mengkudu,” katanya kepada Radar Lamsel.

Menurut Yodis, pengadaan fasilitas baru di pulau Mengkudu bakal memakan banyak waktu. Sebab, pihaknya masih memikirkan konsep yang matang agar rencana awal sesuai dengan yang diharapkan. Pasalnya, tak mudah membangun rencana baru untuk destinasi wisata pasca tsunami beberapa waktu lalu.

BACA :  Menunggu Realisasi Ekowisata Minang Rua

“Terlalu naif jika kita mengaku sudah lupa dengan peristiwa itu. Tapi tak bisa juga kita lama-lama larut di dalamnya. Beruntung, masyarakat di sini mau bergerak, bangkit mewujudkan cita-citanya,” katanya.

Yodis mengatakan pembentukan konsep baru di pulau Mengkudu memang berniat menjadikan pulau itu sebagai destinasi terfavorit di Lampung Selatan. Saat ini, pengadaan fasilitas di pulau Mengkudu baru memasuki tahap awal. Baru beberapa gazebo yang telah dibuat. (rnd)

BAGIKAN