Pulau Tegal Mas Berdampak terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

72
Pulau Tegal Mas

PESAWARAN -Pertumbuhan ekonomi pariwisata di Indonesia, Lampung menduduki peringkat nomor tiga setelah Mandalika dan Wakatobi. Dalam hal ini Pesawaran penyumbang sekitar 40 persen untuk kemajuan ekonomi di bidang Pariwisata di Propinsi Lampung.

Menurut Kepala Bidang Destinasi dan Industri, Yudiana, penyumbang percepatan pertumbuhan destinasi wisata di Kabupaten Pesawaran adalah Pahawang dalam hal ini karena tumbuh dari masyarakat setelah itu pertumbuhan tercepat dalam kurun kurang dari dua tahun adalah wisata Pulau Tegal Mas. “Secara Destinasi Wisata di Propinsi Lampung Wisata Pulau Tegal Mas mengalami percepatan pertumbuhan yang signifikan,” ujar Yudiana.

Pertumbuhan yang signifikan itu bukan tanpa alasan,lanjut Yudi karena Pulau Tegal Mas destinasi wisatanya didesain dan dikelola secara profesional.” Tegal Mas berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Indikasinya pertumbuhan perahu yang akan menuju ke pulau tegal bertambah, pekerja pariwisata,makanan dan bidang jasa tumbuh pesat,” jelas Yudiana.

Untuk Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pesawaran diakui Yudaiana,Pulau Tegal Mas juga penyumbang devisa dari sektor Pariwisata

Senada hal tersebut owner Tegal Mas, Thomas Azis Rizka yang ditemui di Bukit Mas Cottage, Rabu (7/8), Dirinya mengaku sejak Mei 2018 telah berinisiatif untuk menyetorkan pajak, meskipun belum dikeluarkannya ketetapan resminya dari Pemerintah daerah setempat.

”Sampai hari ini kami belum ada kewajiban pajak yang resmi, karena sebagai badan usaha itu bisa ditarik pajak ketika sudah ada Ketetapan Pajak. Tapi sudah satu setengah tahun yang lalu Tegal Mas sudah menunaikan kewajibannya (membayar pajak) walaupun belum ada ketetapan. Tapi kami sudah melakukan setoran langsung ke kas daerah Pemda Pesawaran dari bulan Mei 2018,” sebut Thomas.

Thomas mengakui kesadaran pihaknya pada pajak sangatlah tinggi. Sehingga meskipun tidak di minta namun pihaknya sudah menjalankan. Nah Thomas berharap Pemerintah juga merespon usaha pengusaha dalam membangun pariwisata Lampung.

”Kalau kami sudah menunaikan kewajibannya, nah pemerintah gantian dong. Pertanyaannya kan menarik, apa yang sudah dilakukan pemerintah belum dikasih ke kita. Boro-boro mau jalan atau membuatkan jembatan, buatkan Dermaga, buatkan listrik, buatkan saluran air. Mungkin teman-teman juga tahu kalau dari Pemda Kabupaten Pesawaran belum dirasakan,” sebut Thomas.

Karena saat ini, sambung Thomas, akses jalan pun masih sangat minim. Jalan menuju Pulau Tegal Mas ini sendiri jika kondisi hujan maka jalannya akan becek, kemudian panas hingga berdebu.

Untuk itu Thomas berharap mudah-mudahan ke depan akses ke Pariwisata Tegal Mas juga menjadi perhatian Pemda Kabupaten Pesawaran juga Pemprov Lampung.

”Sungguh-sungguh kalau nawacita Presiden untuk menjadikan ini wisata ekonomi kawasan ekonomi kreatif, ya Ayo dong gitu sama-sama kan Tegal Mas ada di Pesawaran juga,” tambahnya. (ed/kyd)

BAGIKAN