Puluhan Kader Posyandu Direfresh Ulang

404

CANDIPURO – Puluhan kader posyandu Desa Banyumas, Kecamatan Candipuro direfresh ulang oleh mentor dari Puskesmas setempat. Tujuannya, agar kader yang ada di desa lebih semangat mengawali hari baru di tahun yang baru.

Novita Lestari mewakili Kepala UPT Puskesmas Candipuro Sunardi menuturkan, kegiatan ini dilakukan untuk mengasah kemampuan kader Posyandu agar lebih matang dan terampil.

“Kader Posyandu bukan hanya perkumpulan , lebih dari itu pekerjaan kader ini amatlah mulia karena ditangan kader-kader inilah keluarga mempercayakan kesehatannya,” ujar Novita dalam sambutannya di Balai Desa Banyumas, Kamis (4/1) kemarin.

Hampir 30an kader Posyandu hadir dalam acara tersebut. Maka, kata Novita pada tahun dan hari yang baru semangat pun juga harus baru. “Jangan sampai melempem, pembinaan dan perhatian terhadap kesehatan dimasyarakat jangan sampai berkurang,” ujarnya.

BACA :  Aliran ‘Diam’ PDAM Tirta Jasa

Banyumas lanjutnya adalah salah satu desa yang aktif dalam kegiatan pengkaderan. Tak diragukan lagi sebab Desa Banyumas sempat mengikuti lomba kesrak tahun lalu.

“Berawal dari agenda itu kami memutuskan untuk konsisten, bukan hanya ketika ada lomba saja. Selepas perlombaan pun kegiatan semacam refresh ini penting untuk dilakukan,” sebutnya.

Kepala Desa Banyumas Gunawan mengatakan bahwa puluhan kader yang dimiliki Desa Banyumas sebagian besar merupakan ibu rumah tangga. Meski begitu, keuletan serta intuisi para kader soal kesehatan sangatlah sensitif.

BACA :  MPLS Mendidik Siswa

“Tingkat sensitifitasnya tinggi, itu yang saya suka dari kader-kader Posyandu. Apalagi kalau sudah ada kegiatan pengecekan kesehatan hampir semuanya sibuk dalam kegiatan tersebut,” kata Gunawan.

Lebih lanjut Gunawan mengungkapkan kegiatan refresh semacam ini seyogyanya dilakukan setiap awal tahun. Agar kiranya para kader tetap merasa memiliki tanggungjawab dan kewajiban atas tugas sebagai kader. “Kalau bisa setiap awal tahun, sebab kegiatan ini penting. Mengingat di desa tak banyak tenaga medis yang dapat diandalkan untuk urusan yang urgen,” tandasnya. (ver)

BAGIKAN