Puskesmas Jatiagung Tambah Fasilitas Bermain Anak-anak

1047
DIMAS - Kepala UPT PRI Banjaragung Hartono Harun, S.K.M, M.M saat melihat sarana bermain anak yang sedang dinikmati anak-anak di PRI Banjaragung, kemarin (23/1).

JATIAGUNG – Puskesmas Rawat Inap (PRI) Banjaragung terus berbenah. Salah satunya menyediakan fasilitas sarana bermain anak. Penambahan fasilitas ini diharapkan mampu membuat anak-anak nyaman ketika berada di Puskesmas dan PRI Banjaragung menjadi Puskesmas ramah anak.

Kepala PRI Banjaragung Hartono Harun, S.K.M, M.M mengatakan, tujuan membuat tempat bermain anak yakni ingin menjadikan PRI Banjaragung merupakan Puskesmas yang ramah balita dan anak-anak. Dengan demikian, tidak menimbulkan perasaan takut untuk anak-anak datang ke Puskesmas.

“Kami ingin mengubah mindset anak-anak terhadap Puskesmas. Ketika anak-anak sakit dapat dengan mudah diajak untuk berobat di Puskesmas,” kata  Hartono Harun di ruang kerjanya, kemarin (23/1).

Selain itu, lanjut Hartono Harun, di PRI Banjaragung sering  terjadi antrian panjang sehingga timbul rasa jenuh. Untuk mengurangi rasa jenuh para pasien itu,  PRI Jatiagung menyiasati dengan berinisiatif untuk mengadakan sarana bermain anak dan terapi batu untuk orang dewasa.

BACA :  Pentas Seni Tutup Perayaan HUT RI di Margo Agung

“Kedepan kami juga merencanakan akan membuat ruangan khusus untuk sarana bermain anak dengan menambahkan permainan-permainan seperti bola-bola dan puzzle. Diruangan itu juga petugas kita bisa mendeteksi tumbuh kembang anak,” jelas dia.

Menurutnya, sejak adanya sarana bermain anak itu, ada perubahan yang ada cukup signifikan. Terlihat banyak anak-anak yang ramai menggunakan fasilitas tersebut sehingga anak-anak semakin berminat untuk datang ke Puskesmas.

BACA :  Peringatan HUT RI di Jati Agung Meriah

“Tempat bermain anak kami letakkan berdekatan dengan tempat terapi batu refleksi kaki sehingga orangtua yang berobat membawa anaknya atau sebaliknya. Ketika menunggu antrian bisa menikmati refleksi kaki sambil mengawasi anaknya bermain,” terang Hartono.

Yuni, warga Desa Banjaragung yang sedang mengantarkan anaknya berobat di PRI Banjaragung mengatakan, ia sangat senang dengan adanya sarana bermain anak di puskesmas. Menurutnya,  ketika menunggu antrian anak-anak menjadi betah sehingga tidak menangis.

“Karena kalau anak kecil mengantri sebentar saja mereka sudah merasa bosan terus nangis. Kalau ada ayunan seperti ini kan bisa membuat anak-anak senang dan mudah untuk diajak kembali ke puskesmas,” ucapnya. (dms)

BAGIKAN