Puskesmas Palas Fogging Lokasi Wabah DBD

130

PALAS – Setelah melakukan Penyelidikan Epidemik (PE) di lingkungan rumah Agggun Nuraini (15) warga Desa Bangunan, Kecamatan Palas yang dinyatakan positif  Demam Berdarah Dengue (DBD) pada hari Minggu (8/7) lalu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas memutuskan melakukan fogging (pengasapan).

Kepala UPT Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas Bambang Priyanto mengatakan, keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil PE yang menemukan jentik nyamuk pembawa wabah DBD disekitar lingkungan rumah Anggun Nuraini.

“Dari hasil PE yang kami lakukan, ditemukan jentik nyamuk Aedes Agepty diatas 30 persen di sekitar lingkungan rumah Anggun,” kata dia kepada Radar lamsel, Selasa (10/7) kemarin.

Lebih lanjut, Bambang menerangkan, pihaknya akan melakukukan fogging pada hari Jumat (13/7) mendatang, dengan radius 100 meter dari rumah Anggun.

“Yang akan di fogging baukan hanya lingkungan rumah Anggun saja. Namun 5 – 10 rumah yang berada dilingkuna tersebut akan difoggging atau jarak radius 100 meter,” ucapnya.

Untuk mencegah mewabahnya penyebaran DBD, selain melakukan fogging pihaknya juga mengajak masyarakat setempat melakukan gotong royong kebersihan lingkungan.

“Datangnya nyamuk pembawa DBD ini dikarenakan lingkungan yang tidak bersih. Maka dari itu selain dari itu selain melakukan fogging, kami juga mengajak masyrakat setempat gotong royong dan melakukan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” pungkasnya. (Cw1)

BAGIKAN