Puskesmas Sidomulyo Targetkan Akreditas A

911
Veridial – Lokakarya mini Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo menargetkan Akreditasi bisa dicapai melalui kerjasama lintas sektor, Senin (15/8) kemarin.

SIDOMULYO – Akreditas A menjadi target utama Puskesmas Rawat Inap (PRI) Kecamatan Sidomulyo. Melalui lintas sector dan lintas program, target ini diharapkan bisa tercapai ditahun mendatang.
Kepala UPT Dinas Kesehatan, Kecamatan Sidomulyo Saiful Anwar menegaskan, kerjasama yang melibatkan semua sektor harus dilakukan untuk mencapai target. “Untuk pencapaian yang diinginkan, semua pihak harus bekerja sama. Mulai dari Uspika, Kades, hingga masyarakat desa,” ujar dia saat memimpin Lokakarya mini di Aula Puskesmas Sidomulyo, Senin (15/8) kemarin.
Lintas sektor, kata Saiful, meliputi kerjasama dengan aparatur desa hingga ke Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika). “Pelayanan terhadap masyarakat tentu menjadi perhatian bersama. Mulai dari perencanaan kerja hingga hasil kerja. Semua harus dipersiapkan dan memiliki target,” beber Saiful.
Dikatakannya, fungsi Puskesmas sebagai pusat kesehatan masyarakat tidak bisa dikesampingkan dengan standar yang biasa saja. “Karenanya kami tengah berupaya meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat,” ujar Penanggung Jawab Lokakarya mini ini.
Lebih lanjut Siful mengatakan, Puskesmas merupakan pelayanan kesehatan tingkat pertama. Ada beberapa tugas diantaranya memberdayakan kesehatan dimasyarakat, keluarga hingga menjadi penanggung jawab jika ada Kejadian Luar Biasa (KLB).
Manajeman Puskesmas juga diakui berperan penting untuk mencapai target Akreditasi tersebut. Sebab, dengan manajemen yang baik akan menghasilkan hasil kerja yang baik. “Menejemen Puskesmas juga harus bekerja ekstra untuk pencapaian ditahun depan,” ungkapnya.
Dengan melibatkan Aparatur desa dan Uspika Kecamatan Sidomulyo, Saiful mengharapkan program peningkatan mutu PRI untuk menyandang Akreditasi A dinilai syah saja. “Melihat kondisi masyarakat Sidomulyo yang populasinya bertambah tiap tahun, wajar saja jika Puskesmas optimis bisa merealisasikan pencapaian mutu pelayanan tersebut,” tandasnya. (ver)

BACA :  Serapan APBD Baru 55 Persen