Puskesmas Sragi Gelar Donor Darah

137
David Zulkarnain – Kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Sragi dan PMI Lampung Selatan, Jumat (12/4).

SRAGI – Unit Pelakasana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Sragi bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Lampung Selatan menggelar donor darah, Jumat (14/4).

Donor darah yang dilaksanakan di Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Sragi bertepatan dengan pelantikan Pjs. Kades itu sebagai upaya pendataan pendonor  bank darah disetiap desa di wilayah kecamatan setempat.

 Kepala UPT Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Sragi, Sumari Sasmito mengatakan, donor darah tersebu sebagai upaya untuk menyokong ketersediaan darah di PMI Lampung Selatan.

BACA :  20 KPM Dapat Pelatihan Pengembangan SDM

“Donor darah ini kami dilaksanakan sebagai upaya untuk mendorong persedian darah di PMI Lampung Selatan,” kata Sumari kepada Radar Lamsel acara donor darah tersebut.

Sumari menerangkan, di tahun ini pihaknya akan membentuk bank darah di setiap desa di Kecamatan Sragi  sebagai upaya untuk menekan resiko kematian melahirkan.

Kegiatan donor darah ini, lanjut Sumari, dilakukan sebagai upaya pendataan golongan darah pendonor yang akan menjadi stok ketersedian di bank darah di setiap desa.

BACA :  Harga Gabah Merangkak Naik

“Golongan darah pendonor akan didata, kemudian akan diinventarisasi sebagai pendonor  di bank desa upaya untuk menekan resiko kematian saat melahirkan,” ungkapnya.

Sehubungan akan dibentuknya bank dara terebut, Sumari juga mengharapakan setiap posyandu yang ada di desa selain melakukan menginventarisasi pendonor juga melakukan pendataan golongan darah ibu hamil.

“Setiap bank darah paling tidak memiliki lima pendonor. Selain itu kami juga mengharapkan kepada posyandu juga melakukan pendataan golongan darah ibu hamil,” harapnya. (vid)

BAGIKAN