Ranting Pohon Penyebab Sering Mati Lampu

636
Randi Pratama – Petugas PT.PLN Ranting Kalianda melakukan pemotongan terhadap ranting pepohonan besar yang menyebabkan masalah aliran listrik di Desa Ruguk, Kecamatan Ketapang, foto kemarin.

Tim PLN Pangkas Ranting Pohon di Jalinsum dan Jalintim

KETAPANG – PT. PLN Ranting Kalianda menyatakan salah satu penyebab sering terjadinya mati lampu akhir-akhir ini disebabkan ranting pepohonan besar yang berada dipinggiran Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan Jalan Lintas Timur (Jalintim).

Supervisor PT. PLN Ranting Kalianda Adian Hasan mengatakan, ranting pepohonan besar yang mengenai kabel penghubung ke tiang listrik memang menjadi penyebab terjadinya mati lampu.

Untuk meminimalisir sering terjadinya mati lampu, pihaknya menurunkan sejumlah tim untuk memangkas ranting pohon yang mengenai kabel listrik.

BACA :  Pantai Ketang Bakal Dikenai Parkir

“Harus dipangkas, karena ranting-ranting pepohonan besar itu yang menghalangi kabel listrik. Salah satu penyebab sering terjadi mati lampu di Kecamatan Ketapang, ya pohon-pohon besar di pinggir jalan yang mengenai kabel listrik,” ujar Adian disela-sela pemangkasan ranting pohon di Desa Ruguk, Kecamatan Ketapang, kemarin.

Dikatakan Adian, selain untuk meminimalisir terjadinya mati lampu, pemangkasan ranting pohon itu juga sebagai bentuk pemeliharaan PT.PLN terhadap kabel listrik. “Pemeliharaan perlu dilakukan agar tidak aliran listrik tidak mengalami gangguan,” katanya.

BACA :  DPUPR Geber Kegiatan APBD Murni

Lebih jauh dia mengatakan, pemangkasan ranting pohon tidak hanya dilakukan di Kecamatan Ketapang atau di Jalintim saja, tetapi juga dilakukan di Jalinsum dan kecamatan lain.

“Tim sudah dibagi, ada yang di Jalintim dan ada juga yang di Jalinsum. Kami akan melakukan pemangkasan didaerah yang banyak terdapat pepohonan besar yang menghalangi arus listrik,” pungkasnya. (rnd)

BAGIKAN