Ratusan Rumah di Dua Kecamatan Terendam Air

189

PADANGCERMIN – Akibat hujan yang mengguyur sejak Selasa (03/4) malam hingga Rabu(04/4) dini hari mengakibatkan ratusan rumah di dua kecamatan yakni Kecamatan Padangcermin dan Way Ratai terendam banjir hingga ketinggian mencapai 1,5 meter.

Tiga desa di Kecamatan Padangcermin diantaranya yang paling banyak terendam banjir akibat luapan sungai Nabang Desa Padangcermin dan  Sungai Dantar Desa Sanggi yakni 388 rumah di Desa Padangcermin, 154 rumah desa Banjaran, dan 123 rumah di Desa Sanggi Kecamatan Padangcermin ( lihat tabel).

Sekretaris Desa Padangcermin, Marzuki mengatakan, air mulai masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 23:00 Wib. Dimana, di Desa Padangcermin saja sekitar 388 rumah terkena dampak banjir.

“Baru surut sekitar jam 10 pagi ini mas. Selain dikarenakan sungai Nabang meluap, juga air rob dari laut juga masuk,” ungkap Marzuki saat dikonfirmasi di kantor Desa Padangcermin, kemarin.

Untuk itu, ia berharap kepada pemerintah daerah dapat melakukan normalisasi sungai Nabang dan membangun retaining wall di sekitar sungai yang berdekatan dengan pemukiman warga.

“Kita berharap ada penanganan normalisasi dan pembangunan talud. Paling tidak dari desa kita sampai Desa Sanggi sekitar 2 kilometer sungai harus dinormalisasi,” harapnya.

Diakuinya, sejak bencana banjir yang melanda 9 kecamatan sekitar Februari 2017 silam, hingga saat ini pembangunan retaining wall di sungai Nabang belum terealisasi. Dimana saat ini bronjong dan tanggul pun saat ini mulai rusak.

“Dari 388 rumah yang terendam itu berada di empat dusun yakni Dusun Rawa Tunggal, Rawa Subur, Tanjung Mas dan Dusun Padangcermin,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap adanya posko pelayanan kesehatan. Pasalnya dikhawatirkan dampak banjir menyebabkan masyarakat terserang gatal-gatal dan menderita demam.

“Yang penting obat-obatan dan makanan. Hari ini saja aktifitas kami dan termasuk pasar padangcermin lumpuh akibat banjir,” tandasnya.

Sementara, Kepala Desa Sanggi M. Maulana mengatakan, akibat meluapnya sungai (Way) Dantar menyebabkan 132 rumah di dua dusun yakni Dusun kampung baru dan Dusun Sanggi Induk, Desa Sanggi  terendam banjir dengan ketinggiam sekitar 1 meter.

“Termasuk fasum seperti  Paud Annisa dan Masjid Nurul Huda juga kebanjiran. Air mulai naik dari jam 23: 00 wib dan mulai surut sekitar jam 4 subuh tadi,” singkatnya.

Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesawaran, Jamaludin mewakili Kepala BPBD Mustari menuturkan, selain rumah warga beberapa fasilitas umum seperti kantor Desa Padangcermin, SD dan SMA PGRI Padangcermin tak luput dari banjir.

” Terpaksa anak-anak sekolah yang terkena dampak banjir tidak bisa sekolah. Selain Kecamatan Padangcermin kita juga akan cek di kecamatan lainnya,” singkatnya. (Esn)

Tabel Desa Terkena Dampak Banjir

No      Desa         Kecamatan         Jumlah
1.   Bunut               Way Ratai              23
2.   Tri Mulyo         Padangcermin        3
3.   Way Urang       Padangcermin        4
4.  Tambangan       Padangcermin    100
5.  Hanau Berak     Padangcermin      20
6.  Banjaran           Padangcermin    124
7.  Durian               Padangcermin       50
8.  Padangcermin    Padangcermin    388
9.  Khepong Jaya    Padangcermin       50
10.Sanggi               Padangcermin    132

Sumber : Diolah Dari Berbagai Sumber

BAGIKAN