Realisasi DD Wajib Dipublikasikan

118
Foto Ilustrasi Dana Desa

TANJUNG BINTANG – Plt. Camat Tanjung Bintang Hendri Hatta meminta seluruh kepala desa (kades) transparan dan tidak kaku dalam berkomunikasi dengan semua pihak serta mempublikasikan semua realisasi Dana Desa. 

Ia berharap, Kades mempublikasikan semua program-programnya ke masyarakat desa melalui selebaran ataupun media cetak dan elektronik agar masyarakat paham dan tahu digunakan untuk apa DD itu. “Masyarakat harus tahu, dugunakan untuk apa Dana Desa itu, kalau perlu di publikasikan di media,” katanya kepada Radar Lamsel, Senin(24/6). 

BACA :  Warga Sabahbalau Serbu Pelayanan Gratis Dukcapil

Hendri mengatakan, Dana Desa dan Alokasi Dana Desa seharunya memang bukan untuk mensejahterahkan Kades tetapi untuk masyarakat. “Tujuan Dana Desa kan kita sudah tahu semua, jadi kenapa harus ragu untuk mempublikasikannya,” tuturnya.

Disamping itu, setiap perencanaan pembanguna semua warga juga harus mengetahui kapan dimulai realisasi DD hingga berapa dana yang dihabiskan juga harus diketahui warga. “Saat perencanaan masyarakat dilibatkan, saat realisasi juga dilibatkan, jadi semua mengetahui untuk apa saja Dana Desa,” terangnya.

BACA :  Kegiatannya Dianggap tak Menambah Keilmuan

Ia menambahkan, warga juga diminta untuk proaktif mengingatkan dirinya jika penggunaan dana desa tidak sesuai dengan perencanaan. “Pengawasan juga masyarakat saya minta proaktif, sehingga ada kontrol juga bagi kades serta saya juga bisa menegur kades,” pungkasnya. (Kms)

BAGIKAN