Ribuan Jabatan Eselon III dan IV Masih Kosong

1125
ILUSTRASI

Efektifitas OPD Terhambat, Baperjakat Sebut Pelantikan Februari 2017

KALIANDA – Pemkab Lampung Selatan masih mempersiapkan personel pejabat yang akan ditempatkan pada pos jabatan eselon III dan IV pada organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru dibentuk.

Informasi yang dihimpun Radar Lamsel, jumlah pejabat eselon III dan IV yang akan menempati posisi jabatan pada masing-masing OPD mencapai 1.047 orang. Rinciannya jabatan eselon III sebanyak 186 orang dan eselon IV sebanyak 860 orang. Itu artinya ribuan jabatan masih kosong sampai adanya pengisian jabatan yang dilakukan Pemkab Lamsel.

Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kabupaten Lampung Selatan sendiri tak mau gegabah dalam menempatkan pejabat pada sejumlah pos jabatan tersebut.

Baperjakat mengaku akan menseleksi ketat berkas dan track record pejabat eselon III dan IV sesuai dengan disipling ilmu dan kemampuan yang dimiliki sebelum ditempatkan pada jabatan tertentu. “Kami mau mendapatkan dan menempatkan pejabat eselon III dan IV yang benar-benar mumpuni dan siap untuk bekerja masksimal pada setiap jabatan,” ujar Ketua Baperjakat Lamsel Ir. Fredy Sukirman kepada Radar Lamsel melalui sambungan telepon, Minggu (15/1), kemarin.

BACA :  Anggaran Barang dan Jasa Kalahkan Infrastruktur

Sekkab Lamsel ini menuturkan, agar tidak salah dalam menempatkan posisi jabatan eselon III dan IV, Baperjakat meminta kepada masing-masing kepala satuan kerja agar lebih teliti dalam memilih personil yang akan diusulkan.

“Pejabat yang diusulkan para kepada satker tentunya harus yang memiliki skill atau kemampuan dibidangnya. Kami tidak melarang untuk mengusulkan orang-orang yang sudah saling kenal, asalkan yang diusulkan merupakan orang memiliki kemampuan dan tanggung jawab untuk menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal,” ungkapnya.

Meski begitu Freddy meminta agar para kepala satker dapat secepatnya mengusulkan para pejabat eselon III dan IV tersebut. Hal ini dilakukan agar efektifitas kinerja satker bisa secepatnya berjalan. Freddy tak menapik jika saat ini OPD yang dibentuk dan telah memiliki kepala satker belum bisa berjalan efektif lantaran belum ada pejabat yang menempati pos-pos jabatan pada OPD.

BACA :  Ancang-ancang Fredy Tinggalkan Lamsel

“Memang belum efektif. Tapi hal ini (kekosongan) tidak menjadi persoalan karena dalam proses,” ungkap mantan Asisten Ekubang Pemkab Pesawaran ini.

Karena banyaknya jabatan yang diisi tersebut, Freddy belum dapat memastikan kapan jadwal pelantikan pejabat eselon III dan IV digelar. Mantan Sekkab Pesisir Barat ini juga ogah memprediksi waktu pelantikan tersebut lantaran saat ini masih dalam tahapan proses pengusulan personil yang akan ditempatkan pada jabatan eselon III dan IV dimasing-masing satker.

“Belum bisa dipastikan kapan acara pelantikkannya. Yang jelas disusun dulu semua daftar personil yang diusulkan untuk dilakukan seleksi tim Baperjakat. Ya, paling lambat pelantikan baru bisa dilaksanakan di pada Februari mendatang,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN