RPP KPU Tempat Melek Politik Masyarakat

404

KALIANDA – Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meresmikan pemanfaatan Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang dibangun KPU Lamsel di Sekretariat KPU di Jl. Raden Intan No. 82A, Kalianda, Jum’at (31/8/2018) pekan lalu.

RPP itu diharapkan menjadi wahana belajar publik tentang kepemiluan dan politik. Baik politik nasional maupun politik lokal atau kedaerahan.

Sebab, KPU menilai masih banyak publik yang belum melek politik diera saat ini. “Tempat ini (RPP’red) tidak hanya sebagai sarana untuk belajar tentang politik praktis. Tetapi lebih kepada memberikan pemahaman yang mendalam kepada siapa pun tentang pentingnya politik,” ungkap Ketua KPU Lampung Selatan Muhammad Abdul Hafids dalam sambutannya.

Karena hal itu, Hafids mempersilahkan publik untuk memanfaatkan RPP sebagai tempat untuk belajar tentang apapun. Baik itu tentang kepemiluan, politik, maupun berdiskusi mengenai dinamika dan perkembangan sosial kemasrakatan dan pembangunan Lampung Selatan.

BACA :  Pemkab Lamsel Hibahkan Aset Tanah ke Kemenkumham

“Adik-adik pelajar yang mau belajar tentang kepemiluan, silahkan datang. Para akademisi dan elemensi mau berdiskusi tentang pembangunan, juga bisa,” ungkap Hafids.

Menurut Hafids, RPP yang dibangun sejak setahun lalu itu kini sudah siap dipergunakan. Di dalamnya terdapat beberapa fasilitas penunjang kegiatan RPP seperti perpustakaan mini, tempat simulasi pemungutan suara, proyektor dan fasilitas lainnya.“Kalau dirasa masih kurang kami berharap dukungan dari Pemkab Lamsel,” ungkap Hafids.

Mantan Sekretaris PC Nahdlatul Ulama (NU) Lampung Selatan itu juga menyampaikan ucapan terimkasih kepad semua pihak khususnya Pemkab Lamsel dan jajaran kepolisian yang telah turut serta dalam membantu serta memberikan dukungan kepada KPU Lamsel.

Ini terkait penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung di Kabupaten Lampung Selatan yang berlangsung lancar, aman, damai, dan demokratis.

BACA :  6 Kepala OPD Hasil Lelang Jabatan Dilantik

“Kami masih berharap dukungan serupa agar penyelengaraan Pileg dan Pilpres 2019 juga tidak muncul hambatan dan rintangan,” ungkap Hafids.

Pada kesempatan itu, Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto mengapresiasi pendirian RPP tersebut. Ia juga mengapresiasi kinerja KPU yang sukses melaksanakan Pilgub Lampung.

Nanang juga berharap dengan hadirnya RPP di Kantor KPU Lamsel bisa memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. “RPP ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan yang lebih mendalam tentang politik kepada rakyat,” ungkap Nanang.

Nanang juga mengimbau seluruh elemen untuk dapat berperan aktif mendukung penyelenggaraan pemilu agar berlangsung lancar, aman, dan damai. Termasuk dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam setiap pemilu. “Tugas itu bukan hanya ada dipundak KPU. Kita sebagai elemensi di daerah harus mengambil bagian untuk turut serta berpartisipasi dalam menyukseskan pemilu,” pungkasnya. (iwn)

Berikut liputan Saburai TV:

BAGIKAN